Sepanjang hari ini, wilayah Sumsel bakal berawan hingga hujan petir

id BMKG,iklim ,cuaca

Sepanjang hari ini, wilayah Sumsel bakal berawan hingga hujan petir

Petugas memantau cuaca melalui layar monitor di kantor Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Sumut, Jumat (2/1). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana/Rei/pd/15.)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan sebagian besar wilayah Sumatera Selatan bakal cerah berawan hingga mengalami hujan petir sepanjang hari Selasa.

Rilis pers diterima ANTARA, pada pagi hari diperkirakan sejumlah wilayah Muara Enim dan Pagaralam bakal cerah berawan, sementara potensi hujan lokal di wilayah Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan dan Lahat.

Sementara pada siang hari, terjadi berawan dan potensi hujan disertai petir di wilayah OKU Selatan, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara. Sedangkan, potensi hujan lokal di wilayah OKI, OKU, Ogan Ilir, Muara Enim, Pagaralam, Lubuklinggau dan Banyuasin.

Sedangkan pada malam hari, bakal berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah OKU, OKU Timur dan Muara Enim. Pada dini hari diperkirakan bakal cerah berawan dengan potensi kabut di wilayah Lahat, Pagaralam dan Lubuklinggau.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI diperkirakan berkisar 23 – 33 °C, Kelembaban udara 60 persen - 98 persen.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan diperkirakan 18 – 31 °C; Kelembaban Udara 65 persen - 100 persen.

Angin yang bergerak dari Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 05 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0.5 – 1.25 m, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0.1 – 0.5 m; Cuaca : Hujan ringan; Angin : Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan 03 – 12 Knots (05 – 22 Km/jam).

BMKG memberikan peringatan dini agar warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada sore – malam hari di wilayah OKI, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.