Ratusan tenaga medis di OKU dapat bantuan APD

id Tenaga medis dibantu APD,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Ratusan tenaga medis di OKU dapat bantuan APD

Bupati OKU Kuryana Azis menerima bantuan ratusan lembar baju APD. (Antara /Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Ratusan tenaga medis di rumah sakit Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendapat bantuan alat pelindung diri dari seorang donatur keluarga besar Prof K.H.O. Gadjahnata untuk digunakan dalam menangani pasien COVID-19 di wilayah setempat.

"Alhamdulillah bantuan baju alat pelindung diri (APD) yang kami terima ini ada sebanyak 140 lembar," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis di Baturaja, Sabtu.

Menurut Bupati, dengan adanya bantuan baju pelindung untuk tenaga medis ini sangat membantu para dokter dan perawat dalam menangani pasien suspect corona .

"Bantuan APD ini sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis di Kabupaten OKU di tengah minimnya peralatan medis," katanya.

Dia mengemukakan, ratusan lembar baju APD ini akan diserahkan kepada para dokter dan perawat yang bertugas di rumah sakit serta Dinas Kesehatan  dalam menangani pasien COVID-19.

"Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan oleh keluarga besar Prof Gadjahnata ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan BUMN/BUMD, pelaku usaha, maupun perorangan di OKU guna membantu pemerintah dalam menangani penyebaran COVID-19," harapnya.

Sementara itu, Prof Gadjahnata diwakili puterinya Dr Alfa Gadjahnata sekaligus menjabat Direktur RSUD Mohammad Rabain Muara Enim saat menyerahkan bantuan APD di Kabupaten OKU menuturkan bantuan yang diberikan keluarga besarnya tersebut sebagai bentuk peduli terhadap para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani pasien suspect corona.

Menurut dia, baju APD ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19 agar terlindungi dari penyebaran virus yang telah menelan ribuan jiwa masyarakat di Indonesia.

Dampak pandemi COVID-19 ini, lanjut dia, berdampak meningkatnya kebutuhan alat kesehatan seperti APD yang sangat dibutuhkan oleh tenaga medis di Provinsi Sumsel termasuk di Kabupaten OKU.

"Karena dengan minimnya APD tidak sedikit menyebabkan tenaga medis yang tertular virus corona. Dengan adanya APD ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi tenaga kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona," ujarnya.*