PMI OKU penuhi kebutuhan darah di tengah pandemi corona

id stok darah,PMI OKU,Sumsel,pandemi covid-19,mencukupi

PMI OKU penuhi kebutuhan darah di tengah pandemi corona

Kantor Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel. PMI setempat menyatakan stok darah mencukupi kebutuhan selama satu bulan ke depan . (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan memastikan dapat memenuhi kebutuhan darah di sejumlah rumah sakit wilayah setempat di tengah pandemi COVID-19.

Kabag Manajemen Pelayanan dan Kualitas UTD PMI Ogan Komering Ulu (OKU) Dedi Arisandi melalui Pelaksana Laboratorium Rani di Baturaja, Rabu mengemukakan stok darah saat ini mencukupi kebutuhan pasien di rumah sakit selama satu bulan ke depan.

"Stok darah semua golongan untuk bulan ini mencukupi kebutuhan pasien cuci darah," katanya.

Persediaan tersebut, kata dia, didapat dari hasil donor darah massal yang dilakukan pihaknya di empat titik lokasi di wilayah setempat belum lama ini.

"Donor darah massal ini kami lakukan di empat lokasi meliputi Markas Kodim 0403 OKU, Dodiklatpur, Polres OKU dan di Batalyon Artileri Medan 7615 Tarik/Cailendra Martapura," katanya.

Dia menjelaskan, dari hasil donor darah massal tersebut berhasil terkumpul ratusan kantong darah untuk memenuhi kebutuhan cuci darah bagi pasien di rumah sakit wilayah setempat selama satu bulan ke depan.

"Rata-rata di satu titik lokasi donor terkumpul sebanyak 20-30 kantong darah segar," katanya.

Jika persediaan darah tersebut masih kurang, lanjut dia, pihaknya akan mengambil jurus pamungkas dengan cara "by phone" atau menghubungi satu per satu pendonor sukarela yang terdaftar di PMI OKU.

"Mudah-mudahan mencukupi karena hingga saat ini permintaan darah di sejumlah rumah sakit di Baturaja masih normal atau belum terjadi peningkatan," demikian Rani.