Pemkab OKU segera bangun gedung RSUD Ibnu Sutowo

id Pemkab bangun RSUD,Pemkab OKU bangun RSUD Ibnu Sutowo,bangun gedung RSUD Ibnu Sutowo,RSUD Ibnu Sutowo Baturaja

Pemkab OKU segera bangun gedung RSUD Ibnu Sutowo

Kabag Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) Setda OKU, Karel Akbar. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan membangun gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sutowo Baturaja pada Mei 2020.

Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) Setda Ogan Komering Ulu (OKU), Karel Akbar di Baturaja, Rabu mengatakan meski saat ini sejumlah anggaran di instansi pemerintahan daerah setempat dipangkas dampak pandemi COVID-19, namun tidak mengahambat pembangunan RSUD Ibnu Sutowo.

"Justru di tengah pandemi COVID-19 pembangunan tempat pelayanan kesehatan menjadi prioritas. Target kami akhir Mei 2020 mulai dibangun," tegasnya.

Pembangunan gedung lima lantai di RSUD Ibnu Soetowo Baturaja ini sebelumnya diwacanakan mulai dibangun pada awal tahun 2019 lalu.

"Namun, batal dilaksanakan karena beberapa hal antara lain aplikasi sistem pengadaan barang dan jasa versi 2.6 berakhir pada 31 Desember 2018 lalu sehingga pembangunannya ditunda dan mulai dikerjakan tahun ini," katanya.

Gedung rumah sakit terbesar di Kota Baturaja tersebut menggunakan dana APBD Kabupaten OKU tahun anggaran 2020 senilai Rp58,7 miliar.

"Saat ini sedang tahap proses lelang tender guna mencari pihak ketiga yang akan melaksanakan pembangunannya," ungkapnya.

Untuk tahap awal akan dibangun dua lantai ruang rawat inap dan IGD.

"Tahap kedua pembangunan tiga lantai dilanjutkan tahun depan," jelasnya.

RSUD Ibnu Sutowo Baturaja ini nantinya akan menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien dari kabupaten tetangga lainnya seperti OKU Timur dan OKU Selatan.