Puluhan hektare tanaman padi di Mukomuko diserang kepinding

id hama kepinding,sawah,petani sawah,sawah diserang hama

Puluhan hektare tanaman padi di Mukomuko diserang kepinding

Tanaman padi yang terserang kepinding tanah di Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko. ANTARA

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan  sekitar 51 hektare tanaman padi yang masih berumur dua minggu diserang kepinding tanah, namun tanaman tersebut tidak sampai rusak. “Baru seminggu ini tanaman padi yang berumur dua minggu di Kecamatan Selagan Raya terserang kepinding tanah, namun tanaman masih bertahan,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Hortukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri didampingi Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Sugiyanto di Mukomuko, Rabu.

Ia menjelaskan, bahwa kondisi tanaman padi yang terserang kepinding tanah ini hampir sama dengan kondisi tanaman padi yang terserang hama waleng sengit yang menyerang dan merusak bulir tanaman padi, sedangkan hama kepending merusak pangkal batang tanaman padi.

Untuk mengatasi tanaman padi yang terserang kepinding tanah tersebut, ia mengatakan, instansinya telah memberikan bantuan sekitar 30 liter insektisida dari gudang instansi ini untuk menanggulangi hama kepinding tanah kepada sebanyak empat kelompok tani di Kecamatan Selagan Raya.

Namun, tidak ada jaminan sepenuhnya bantuan insektisida tersebut dapat membunuh hama kepinding tanah yang menyerang tanaman padi tersebut.

Sampai sekarang belum ada pestisida yang khusus untuk membunuh hama kepinding tanah tersebut. Kemungkinan insektisida itu bisa sedikit mengatasi hama kepinding tersebut.

Menurutnya, cara yang efektif mengatasi hama kepinding tanpa harus menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya adalah dengan cara memasang lampu penerangan di sekitar lahan persawahan mengalihkan perhatian hama.

Kemudian lanjutnya, di bawah lampu tersebut dipasang kertas minyak agar kepinding tersebut lengket dan mati.