Dari total 438 kasus, 76 orang pasien di Jatim sembuh dari virus corona

id pasien sembuh,covid-19,pemprov jatim,penanganan corona,virus corona,corona,2019-ncov,novel coronavirus 2019,Di Jatim pas

Dari total 438 kasus, 76 orang pasien di Jatim sembuh dari virus corona

Ketua tim rumpun tracing Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Kohar, saat menunjukkan grafik pasien di wilayah setempat di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin (13/04/2020) malam. (ANTARA Jatim/Humas Pemprov Jatim/FA)

Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 76 pasien dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona jenis baru (COVID-19) di wilayah Jawa Timur, dari keseluruhan 438 kasus terkonfirmasi positif.

"Alhamdulillah. Hari ini ada kabar baik lagi, sebanyak tujuh orang telah sembuh sehingga totalnya 76 orang," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin (13/4) malam.

Secara persentase, kata dia, tingkat kesembuhan di Jawa Timur angkanya mencapai 17,35 persen.

"Terima kasih selalu kami sampaikan kepada seluruh tim kesehatan. Kami semua mendoakan agar selalu sehat dan keluarganya juga turut sehat," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sebanyak tujuh pasien sembuh sesuai data yang masuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur hingga Senin (12/4), pukul 17.00 WIB, yakni empat orang dari Kota Surabaya dan masing-masing satu orang asal Sidoarjo, Gresik dan Situbondo.

Secara rinci, jumlah pasien sembuh atau terkonversi negatif adalah 39 orang berasal dari Kota Surabaya, delapan orang asal Magetan, lima orang asal Sidoarjo dan Situbondo, empat orang masing-masing asal Kabupaten Malang, Kota Malang, serta dua orang asal Kabupaten Kediri dan Gresik.

Selain itu, masing-masing satu orang asal Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Banyuwangi, Jember, Kota Kediri, Kabupaten Madiun, serta Kota Batu.

Sementara itu, untuk kasus meninggal dunia karena COVID-19 di Jatim saat ini mencapai 40 orang (9,13 persen) atau bertambah 11 orang dibandingkan sehari sebelumnya yang 29 orang.

Rinciannya, 20 orang asal Surabaya, enam orang asal Sidoarjo, empat orang asal Kabupaten Kediri, dua orang asal Lumajang dan satu orang masing-masing asal Kabupaten Malang, Magetan, Gresik, Pamekasan, Tuban, Bojonegoro, Banyuwangi dan Kota Pasuruan.

"Kami ikut berduka dan semoga almarhum/almarhumah mendapat tempat di sisi Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan selalu diberi kesabaran," kata Khofifah.

Jumlah pasien terkonfirmasi positif di Jatim saat ini mencapai 438 orang atau bertambah 52 orang dibanding sehari sebelumnya yang berjumlah 386 orang.

Warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim mencapai 1.447 orang atau bertambah dari data sehari sebelumnya 1.394 orang, sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 14.423 orang atau meningkat dari sehari sebelumnya sejumlah 14.092 orang.

Terkait status daerah terjangkit atau "zona merah", saat ini bertambah satu daerah, yakni Kabupaten Mojokerto sehingga totalnya 33 kabupaten/kota atau hanya menyisakan lima daerah yang di wilayah setempat tak ada kasus positif COVID-19.

Kelima daerah yang warganya belum terjangkit positif COVID-19 yakni Sampang, Sumenep, Ngawi, Kota Madiun dan Kota Mojokerto.