Ogan Komering Ulu dapat bantuan 2.000 unit lampu PJU

id OKU dibantu 2 ribu PJU

Ogan Komering Ulu dapat bantuan 2.000 unit lampu PJU

Ilustrasi - Pemeliharaan lampu PJU. (ANTARA/Ali Khumaini)

Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini mendapat bantuan 2.000 unit lampu penerangan jalan umum dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu (OKU), Firmasnyah melalui Kabid Lalulintas dan Angkutan, Saprin di Baturaja, Ahad, mengatakan bantuan lampu penerangan jalan umum (PJU) yang diterima dari Kementerian ESDM tahun itu akan dipasang di setiap desa dan kelurahan yang belum memiliki fasilitas penerangan jalan umum.

"Spesifikasi PJU adalah tiang setinggi enam meter dan penampang panel dua meter yang lengkap dengan baterai serta lampu menyatu. Pemasangannya paling lambat mulai dipasang bulan depan," katanya.

Salah satu titik pemasangan PJU ini, kata dia, dipasang di sepanjang jalan cor beton Kelurahan Batukuning yang saat ini minim lampu penerangan jalan saat malam hari.

"Di jalur ini perlu dipasang PJU karena menjadi salah satu perlintasan kendaraan roda dua dan empat menuju Desa Kurup atau arah ke Kota Palembang," ungkapnya.

Dengan adanya pemasangan PJU ini, kata dia, dapat mempermudah akses masyarakat melintas khususnya saat malam hari baik berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

"Dengan adanya PJU ini dapat mencegah kriminalitas di jalan gelap sehingga memberikan rasa aman kepada masyarakat saat melintas di malam hari," ujarnya.*