TNI AU kerahkan pesawat angkut APD dan masker di Papua

id tni au,papua,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

TNI AU kerahkan pesawat angkut APD dan masker di Papua

Pesawat Boeing 7306 milik TNI-AU yang membawa 5,6 ton APD dan masker untuk penanganan COVID-19 di Papua dan Papua Barat nampak sedang membongkar muatannya di Lanud Silas Papare, Jumat (10/4). (ANTARA/HO/Indri)

Jayapur (ANTARA) - TNI-AU mengerahkan pesawat-pesawatnya untuk mengangkut alat pelindung diri (APD) dan masker untuk digunakan menangani COVID-19 di Papua.

 
Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo kepada Antara, Sabtu menyatakan, berbagai kebutuhan untuk penanganan COVID-19 di Papua sudah tiba, Jumat (10/4) sebanyak 3,4 ton yang merupakan bantuan dari Gugus Tugas COVID-19 Pusat.

 
Selain mengangkut 3,4 ton APD dan masker milik Papua, pesawat Boeing 7306 dengan pilot Kapten (pnb) Erik juga mengakui 1,2 ton APD dan masker milik Papua Barat.

 
"Paket untuk Papua Barat seberat 1,2 ton yang berisi APD dan masker saat ini sudah tiba di Manokwari, " jelas Marsma TNI Tri.


Menurutnya, bantuan kemanusiaan tersebut berasal dari Junior Dokter Indonesia (JDI) dr Tirta cs yang dikoordinir Gugus Tugas Covid-19 yang ada di pusat.


“Panglima TNI memerintahkan TNI-AU untuk mengangkut bantuan tersebut, " jelas Tri Bowo seraya menambahkan, pihaknya siap membantu pemprov dan kabupaten di Papua mengirim barang-barang bantuan untuk penanganan COVID-19.


Sebagai contoh barang-barang APD dan masker atau alat kesehatan yang dibeli dari berbagai kota diluar Papua bisa dikoordinir dan dijadikan satu sehingga dapat diangkut bersamaan dengan menggunakan pesawat milik TNI-AU


Begitu pula bila ada barang yang hendak dikirim, TNI-AU siap membantu, kata Marsma TNI Tri Bowo.
 
 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar