ACT Sumsel salurkan sembako untuk warga prasejahtera terdampak pandemi COVID-19

id Act sumsel, act, aksi cepat tanggap, act sumsel salurkan bantuan, operasi pangan act,COVID-19, dampak COVID-19,Prasejaht

ACT Sumsel salurkan sembako untuk warga prasejahtera terdampak pandemi COVID-19

ACT Sumsel menyalurkan bantuan sembako kepada lansia prasejahtera di Kota Palembang, Jumat (10/4/2020) yang terdampak wabah virus COVID-19. (FOTO ANTARA/HO-ACT Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga prasejahtera yang terdampak pembatasan sosial pandemi COVID-19 di Kota Palembang.

Humas ACT Sumsel, Hening, Jumat, di Palembang mengatakan bantuan sembako melalui Program Operasi Pangan Gratis tersebut berupa gula, beras, minyak, mi instan, tepung terigu, dan ikan kemasan kaleng.

"Target penerima bantuan ini adalah para lansia, ojek, pedagang kaki lima, pengemudi becak, dan pekerja harian yang kehilangan pendapatan dampak COVID-19, di mana tahap awal ini kami bagikan 30 paket," kata Hening.

Meski kegiatan ekonomi di Kota Palembang masih berlangsung, kata dia,namun intensitasnya terus menurun seiring berkurangnya mobilitas masyarakat, akibatnya warga yang mengandalkan pendapatan sehari-hari kesulitan memenuhi kebutuhan pangan.

Karena itu, kata dia, ACT Sumsel juga melaksanakan operasi makan gratis berupa ratusan makanan siap santap untuk pengemudi ojek dan anak yatim piatu lewat kerja sama dengan warung makan.

Makanan gratis disiapkan warung makan sebagai kolaborasi dengan UMKM yang ikut terdampak COVID-19 agar tetap mendapat pemasukan di tengah penurunan omset.

Ia mengatakan berbagai program bantuan untuk kalangan terdampak COViD-19 tersebut akan terus dilaksanakan berkala agar donasi masyarakat tersalurkan kepada yang berhak dan tepat menerima.

Selain donasi dana, kata dia, para donatur dapat memberikan berbagai bentuk bantuan lainnya ke Kantor ACT Sumsel di Kota Palembang untuk diteruskan kepada penerima bantuan.

"Kami juga mengajak masyarakat ikut dalam gerakan 'Sumsel Bantu Prasejahtera' yakni dengan berdonasi Rp20.000 per hari yang mungkin dari jumlahnya tidak seberapa, namun bagi warga prasejahtera jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan," katanya.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam gerakan "Sumsel Bantu Prasejahtera" dapat berdonasi ke nomor rekening 66 0000 5505 (BNI Syariah) dengan menambahkan kode 506 di akhir nominal transfer, demikian Hening.