Usulan penerapan PSBB empat daerah penyangga Jakarta masih dikoordinasikan

id Penerapan PSBB,DKI akan terapkan PSBB,Bogor usulkan penerapan PSBB,pembatasan sosial berskala besar,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, an

Usulan penerapan PSBB empat daerah penyangga Jakarta masih dikoordinasikan

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, pada rapat koordinasi dengan DPRD Kota Bogor terkait percepatan penanganan COVID-19, di kantor DPRD Kota Bogor, Selasa (7/4/2020). (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

Bogor (ANTARA) - Usulan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) empat daerah penyangga Ibu Kota yakni Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bekasi kepada Presiden Joko Widodo, masih akan dikoordinasikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam rapat terbatas penanganan COVID-19, Rabu.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, melalui telepon selulernya, di Kota Bogor, Rabu menjelaskan, Gubernur Jawa Barat telah melakukan rapat koordinasi dengan lima kepala daerah di Jawa Barat yang menjadi penyangga ibu kota negara, melalui konferensi video (video conference) Selasa (7/4) malam.

Namun, dari lima daerah di Jawa Barat yang menjadi penyangga ibu kota negara, satu kepala daerah tidak hadir mengikuti "video conference", yakni Kabupaten Bekasi. Empat kepala daerah yang mengikuti adalah, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bekasi.

Dedie menjelaskan, pada rapat koordinasi melalui "videoconference" tersebut, disepakati bahwa kondisi darurat saat ini harus ditangani secara ekstra serius.

Gubernur Jawa Barat, pada rapat koordinasi tersebut, memutuskan akan mengkoordinasikan usulan untuk menerapkan PSBB dari empat daerah di Jawa Barat yang menjadi penyangga Ibu Kota, kepada Presiden Joko Widodo, pada rapat terbatas mengenai penanganan COVID-19.

"Laporan kepada Presiden Joko Widodo, akan dikoordinasikan oleh Gubernur Jawa Barat bersama empat kepala daerah dari Bogor, Depok, dan Bekasi, pada rapat terbatas penanganan COVID-19, pada Rabu hari ini," katanya.

Kemudian, pengajuan surat permohonan untuk penerapan PSBB akan diajukan bersama-sama dalam waktu secepatnya, dengan dilengkapi data-data yang diperlukan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor telah melakukan rapat koordinasi dengan DPRD Kota Bogor, terkait percepatan penanganan COVID-19, di DPRD Kota Bogor, Selasa (8/4).

Dari rapat koordinasi tersebut, menurut Dedie, DPRD Kota Bogor juga sudah memberi "lampu hijau" jika Pemerintah Kota Bogor akan mengajukan usulan penerapan PSBB kepada Menteri Kesehatan, dengan catatan dilengkapi kajian dampak ekonomi dan sosial yang timbul selama penerapan PSBB tersebut.