Ribuan warga Simeulue Aceh terima bantuan Rp1,5 juta per orang

id berita aceh terkini,berita aceh,berita simeulue,Aceh,Pemkab Simeulue,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019

Ribuan  warga Simeulue Aceh terima bantuan  Rp1,5 juta per orang

Bupati Simeulue, Provinsi Aceh, Erli Hasim. (ANTARA/HO-Dok. Pemkab Simeulue)

Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 2.580 jiwa warga miskin di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah dengan jumlah bervariasi antara Rp650 ribu hingga Rp1,5 juta/orang bersumber dari dana zakat Baitul Mal.

“Bantuan keuangan dari pembagian zakat ini direncanakan akan dibagikan satu pekan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan,” kata Kepala Bagian Humas Setdakab Simeulue Ali Muhayatsyah yang dihubungi dari Meulaboh, Selasa.

Ada pun rincian penerima dana bantuan tersebut, kata dia, terdiri atas beberapa kategori di antaranya untuk penerima dari kalangan fakir yang sudah berusia uzur, mendapatkan uang tunai sebesar Rp1,5 juta/orang, dengan jumlah penerima mencapai 250 orang atau sebesar Rp375 juta.

Kemudian untuk zakat fakir mendapatkan bantuan sebesar Rp900 ribu/orang dengan jumlah penerima sebanyak 800 orang atau Rp720 juta. Untuk kalangan masyarakat miskin, mendapatkan bantuan sebesar Rp650 ribu yang diperuntukkan bagi 1.530 orang penerima, dengan jumlah anggaran mencapai Rp994 juta.

“Pemerintah Kabupaten Simeulue berharap dengan disalurkannya bantuan ini, nantinya dapat membantu masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan,” kata Ali Muhayatsyah menambahkan.

Bantuan keuangan tersebut juga diharapkan meringankan beban masyarakat kurang mampu di Kabupaten Simeulue, Aceh, disaat adanya wabah virus corona yang saat ini meresahkan masyarakat di wilayah kepulauan terluar Aceh tersebut.