Olahraga ringan dapat meningkatkan imunitas tubuh

id praktisi olahraga Universitas Negeri Surabaya,Tutur jatmiko,olahraga ringan tingkatkan imunitas ,penanganan corona,virus,Badan sehat, antara palembang

Olahraga ringan dapat  meningkatkan imunitas tubuh

Praktisi olahraga Universitas Negeri Surabaya, Tutur Jatmiko, S.Pd, M.Kes. (ANTARA/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Olahraga ringan pada level tertentu dapat meningkatkan imunitas seseorang dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran, kata praktisi olahraga dari Universitas Negeri Surabaya, Tutur Jatmiko, S.Pd, M.Kes.

"Olahraga ringan selain untuk mencegah COVID-19 juga bermanfaat untuk kesehatan, mencegah kolesterol, asam urat, jantung koroner, diabetes melitus karena akan memacu jantung bekerja lebih cepat dan memperlancar peredaran darah," kata Tutur, Dosen Pendididikan dan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Surabaya (UNESA), kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Dengan rajin berolahraga maka darah yang membawa oksigen, nutrisi dan beberapa mineral kebutuhan tubuh akan terdistribusi dengan baik keseluruhan tubuh, sehingga dapat mendorong percepatan regenerasi sel juga, ujarnya.

Tutur menyebutkan terdapat banyak olahraga yang bisa dilakukan selama beraktivitas di rumah seperti bersepeda statis, senam aerobik, body weight training, bahkan menari sambil diiringi dengan lantunan musik juga sudah merupakan olahraga dan dapat meningkatkan kebugaran.

Lebih lanjut Tutur mengatakan sebelum melaksanakan aktivitas tersebut juga perlu diperhatikan dalam memilih jenis olahraga yang akan dilakukan, yaitu dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan dan risiko cedera dari jenis olahraga itu sendiri, serta memilih tempat yang nyaman juga menjadi hal penting.

“Jika ingin berolahraga di sekitar rumah maka harus tetap memperhatikan aturan. Gunakan pakaian olahraga yang sesuai, tidak lupa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, jaga jarak fisik yang aman, terlebih pada wilayah yang sudah terjangkit COVID-19 sebaiknya agar lebih hati-hati,” ujarnya.

Sementara itu selain berolah raga, Tutur juga mengatakan berjemur pada pagi hari selama 15-20 menit juga dapat meningkatkan imunitas karena bertujuan untuk mengaktifkan Ultraviolet D3 sehingga kekebalan tubuh akan meningkat dan dapat mencegah COVID-19 pada seseorang.

Dilansir dari buku pedoman WHO dan FDA, wilayah Indonesia termasuk dalam zona iklim tropis, terletak pada lintang geografis 6° LU – 11,08° LS. Maka, berjemur yang baik yaitu pada pukul 7.30 sampai 9.30 dan atau 15.00 sampai 16.00 waktu setempat.

“Agar tidak malas berolahraga maka pilihlah olahraga yang disukai, bisa juga diiringi dengan musik yang disukai. Kemudian lakukan secara berkala jika perlu bisa juga menggunakan jasa pelatih pribadi dan jangan lupa untuk selalu tes kebugaran tubuh,” katanya.*
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar