Masyarakat Sumsel diharapkan gunakan masker

id Masker, gubernur, pakai

Masyarakat Sumsel diharapkan gunakan masker

Gubernur Sumsel Herman Deru (kanan). ANTARA/Ujang Idrus

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengharapkan masyarakaat menggunakan masker baik di dalam maupun di luar rumah guna mengantisipasi paparan wabah virus COVID-19.

"Sebagai upaya meminimalisir penyebaran pandemi virus corona maka diharapkan masyarakat selalu menggunakan masker," kata Herman Deru di Palembang, Senin.

Kampanye menggunakan masker bagi masyarakat di wilayah ini penting sesuai instruksi pemerintah pusat untuk menekan penyebaran virus mematikan manusia tersebut.

Penggunaan masker bisa mencegah meluasnya penularan virus corona. Untuk itum ia mengimbau seluruh masyarakat Sumsel agar menggunakan masker dalam bentuk jenis apapun, baik masker kain, dari medis ataupun N95.

Gubernur mengatakan, saat ini sudah banyak UMKM di Sumsel yang membuat dan menyediakan masker kain sehingga tidak sulit didapatkan.

Masker kain efektivitasnya memang tidak sama dengan masker N95 atau masker bedah untuk mencegah penularan virus corona, namun masker kain tetap bisa membantu mengurangi risiko penularan virus COVID - 19.

"Ketika kita terpaksa harus berada di luar rumah, masker kain bisa digunakan dengan syarat wajib menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Hal ini untuk menghindari paparan atau percikan ketika orang lain batuk, bersin atau sedang berbicara," jelasnya.

Selain itu sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hal ini diperlukan untuk membunuh virus corona yang menempel di tangan.

Deru menjelaskan, sabun dan deterjen mampu membunuh virus COVID-19 dan air mengalir bisa membawa residu virus tersebut dari tangan.

"Tapi yang paling penting, sama seperti baju dan celana atau pakaian lainnya, masker kain harus dicuci setiap hari dengan air dan sabun serta tak perlu menggunakan cairan disinfektan," tambahnya.