Ini pejelasan PLN cara pengambilan diskon dan token gratis

id pln,token

Ini pejelasan PLN  cara pengambilan diskon dan token gratis

Manager PLN UP3 Jambi Hanfi Adrhean Abidin. (Antara/Muhamad Hanapi)

Jambi (ANTARA) - PLN menyebutkan mekanisme pengambilan diskon dan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi dapat dilakukan dengan dua cara.

“Mekanisme pengambilan diskon dan token gratis tersebut dapat dilakukan melalui website resmi PLN atau dapat di akses melalui WhatssApp,” kata Manager PLN UP3 Jambi, Hanfi Adrhean Abidin di Jambi, Jum’at.

Melalui website resmi PLN www.pln.co.id dapat dilakukan dengan cara membuka alamat website. Kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus COVID-19.

Selanjutnya masukkan ID pelanggan atau nomor meter. Kemudian token gratis akan ditampilkan dilayar. Tahapan selanjutnya pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Jika mengakses melalui aplikasi WhatssApp, dapat dilakukan ke nomor 08122-123-123. Caranya buka Aplikasi WhatsApp. Selanjutnya chat WhatsApp ke 08122-123-123 dan pelanggan tinggal mengikuti petunjuk yang akan keluar melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: 295.067 pelanggan PLN Sumsel gratis tiga bulan, tidak perlu khawatir

Baca juga: PLN siap bebaskan tagihan listrik bagi 24 juta pelanggan selama tiga bulan


Salah satunya memasukkan ID Pelanggan. Setelah ID dimasukkan token gratis akan muncul. Selanjutnya pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

“Dengan ID pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir,” kata Hanfi Adrhean Abidin.

PLN UP3 Jambi berharap kebijakan pemerintah tersebut bisa membantu mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu. Dan sejalan dengan himbauan pembatasan kontak fisik yang mendorong masyarakat tetap di rumah untuk mencegah penularan yang makin luas. Sehingga masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama masa wabah COVID-19 ini.

Berdasarkan instruksi pemerintah pusat, pelanggan listrik rumah tangga golongan 450 volt ampere (VA) akan di gratiskan selama tiga bulan ke depan terhitung dari bulan April. Selain itu, pelanggan 900 VA golongan bersubsidi juga akan diberikan diskon tarif sebesar 50 persen dengan masa pemberlakuan yang sama.

Di PLN UP3 Jambi terdapat 57.308 masyarakat yang menjadi pelanggan tarif rumah tangga dengan daya 450 VA dan rumah tangga dengan daya 900 VA bersubsidi berjumlah 35.466 pelanggan.

Baca juga: PLN tangguhkan pencatatan meteran listrik pelanggan

Baca juga: PLN beri token gratis bagi pelanggan prabayar


Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar