Polda Sumsel siapkan pasukan antisipasi kontingensi COVID-19

id polda, kapolda, waspada, siapkan pasukan hadapi keadaan darurat

Polda Sumsel siapkan pasukan antisipasi kontingensi  COVID-19

Direktur Samapta Polda Sumsel Kombes Pol. Budi Suprayoga mengecek kesiapan personel dan peralatan menghadapi kontingensi COVID-19 di Palembang, Rabu (1-4-2020). ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyiapkan pasukan Samapta mengantisipasi kontingensi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah provinsi dengan 17 kabupaten dan kota ini.

Mengantisipasi kontingensi COVID-19 atau keadaan ketidakpastian dan berada di luar jangkauan dampak penyebaran virus corona ini, Polda Sumsel menggelar Apel Gelar Pasukan Antisipasi Kontingensi Menghadapi COVID-19 di Palembang, Rabu.

Direktur Samapta Polda Sumsel Kombes Pol. Budi Suprayoga saat memimpin apel gelar pasukan melakukan pengecekan kondisi personel dan peralatan pendukung menghadapi kontingensi COVID-19 di wilayah provinsi ini.

Dalam kegiatan tersebut, Dirsamapta menyampaikan beberapa arahan kepada personelnya bahwa pengecekan kesiapan pasukan dalam rangka mengantisipasi jika terjadi situasi yang tidak kondusif.

"Sabhara sebagai garda depan dalam upaya preemtif apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kombes Pol. Budi Suprayoga.

Untuk menghadapi kontingensi COVID-19, pihaknya menyiapkan tiga kompi pasukan yang dilengkapi peralatan pengendalian massa (Dalmas), tameng, tongkat, dan perlengkapan lainnya.

"Setelah apel ini, saya minta perlengkapan-perlengkapan tidak lagi dimasukkan ke dalam gudang, tetapi langsung disiapkan di kendaraan-kendaraan, baik itu Rantis, Armoured Water Cannon (AWC), truk dan kendaraan lainnya," ujarnya.

Dengan persiapan ini, lanjut dia, bila ada perintah secara mendadak, jam berapa pun dan kapan pun pasukan tidak membutuhkan waktu lama untuk melaksanakan tugas menjaga kamtibmas agar tetap kondusif.

"Siapkan kelengkapan yang ada, baik itu kelengkapan perorangan, peralatan, maupun ransel berikut isinya, sewaktu-waktu ada panggilan luar biasa personel tinggal menggunakan pakaian dan tinggal berangkat," kata Dirsamapta.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar