Kodam II/Sriwijaya dapat bantuan cairan disinfektan

id Kodam, cairan, rumah sakit, corona,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Kodam II/Sriwijaya dapat bantuan cairan  disinfektan

Kodam Sriwijaya terima bantuan cairan antisipasi COVID - 19 (ANTARA/HO/DokPendam)

Palembang (ANTARA) - Kodam II/Sriwijaya menerima bantuan alat-alat kesehatan berupa 32 jerigen cairan disinfektan dan hand sanitizer dari Kasad Jenderal TNI Andika Prakasa untuk penanganan COVID-19.

Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan di Palembang, Rabu mengatakan, bantuan kesehatan berupa cairan disinfektan dan hand sanitizer tersebut akan dipergunakan dalam penanganan COVID-19 di rumah sakit tentara (RST) yang ada di wilayah Kodam II/Sriwijaya.

"Cairan disinfektan dan hand sanitizer tersebut nantinya akan dibagikan kepada 7 rumah sakit tentara yang tersebar di wilayah Kodam II/Sriwijaya", kata Kapendam.

Dengan diterimanya bantuan tersebut diharapkan dapat mendukung kesiapan Kodam II/Sriwijaya dalam upaya membantu pemerintah daerah melakukan penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19, ujar dia.

Selain itu upaya ini merupakan tindak lanjut perintah dari Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, untuk menyiapkan rumah sakit tentara yang ada di jajarannya dalam menghadapi kondisi darurat merebaknya virus corona (COVID-19).

Menurut Kapendam, Kodam II/Sriwijaya sudah menyiapkan ruang isolasi khusus untuk penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) atau indikasi terinveksi corona.

"Dalam upaya melakukan pencegahan menyebarnya COVID -19, Pangdam juga telah memerintahkan kepada Komandan Satuan Kewilayahan, mulai dari Dandim hingga Danrem supaya bergerak bersama Pemerintah Daerah melakukan upaya pencegahan", terang Djohan.

Hal tersebut dilakukan melalui kegiatan penyemprotan disinfektan, sosialisasi pola hidup bersih dan sehat serta menekankan himbauan pemerintah kepada masyarakat dalam pencegahan penyebaran COVID-19, ujar dia.

Sementara tujuh Rumah Sakit Tentara yang menerima bantuan tersebut yakni RS TK II 02.05.01 Dr.AK. Gani Palembang sebanyak 9 jerigen, Rumah Sakit (Rumkit) TK IV Dr Bratanata Jambi, Rumkit TK IV .02.07.04 Bandar Lampung masing - masing 4 jerigen.

Selain itu juga Rumah Sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Bengkulu, Rumkit IV Dr Nusmir Baturaja, Rumkit IV. 02.07.02 Lahat, masing - masing empat jerigen dan sisanya Rumkitban Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung.

Bantuan tersebut diserahkan Babandya Bekang Slogdam II/Sriwijaya Letkol Cba Sugeng kepada Kakesdam II/Sriwijaya Kolonel Ckm dr. Asep Usmanto Sukarsa, Sp.B.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar