Kasus positif COVID-19 bertambah, Sumsel jadi transmisi lokal

id COVID-19, virus corona, pdp sumsel , odp sumsel, gugus tugas sumsel, sumsel transmisi lokal

Kasus positif COVID-19 bertambah,  Sumsel jadi transmisi lokal

Ruang isolasi COVID-19 di RSMH Palembang (ANTARA FOTO/Fenny Selly/20)

Palembang (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Sumatera Selatan bertambah dari sebelumnya yakni dari tiga kasus pada 30 Maret menjadi lima kasus pada 31 Maret 2020 atau dua kasus dalam sehari. 

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumsel, Prof. Yuwono, di Palembang, Selasa, mengatakan dua kasus baru ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (kasus 04) yang berasal dari infeksi luar Sumsel, sementara kasus Prabumulih (kasus 05) didapat dari transmisi lokal. 

"Positif COVID-19 dari Prabumulih adalah yang merawat PDP positif COVID- 19 (kasus 02) sebelumnya," ujar Yuwono dalam keterangan tertulisnya di Palembang.

Menurut dia, dua kasus baru positif tersebut merupakan hasil pemeriksaan spesimen di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang. 

Sebelumnya kasus 01 COVID-19 Sumsel menginfeksi seorang warga Palembang JS (54) yang diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta, lalu kasus 02 menginfeksi E (54) seorang dokter di Kota Prabumulih yang diketahui memiliki riwayat dari Jakarta dan Batam. 

Keduanya dinyatakan positif COVID-19 satu hari setelah meninggal dengan waktu berdekatan di Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang pada 23 Maret 2020.

Sedangkan kasus 03 menginfeksi seorang mantan pejabat asal Ogan Komering Ulu (OKU), HS (62) yang saat ini mendapat perawatan di ruang isolasi RSMH Palembang. 

Sementara data terbaru Gugus Tugas Sumsel 30 Maret menyebut Sumsel masih memantau 758 Orang Dalam Pemantauan (ODP) serta 24 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di beberapa rumah sakit.