Walhi Sumsel siapkan kursus politik bagi mahasiswa kawal pilkada

id walhi, kurus politik, kawal pilkada 2020, cari figur pemimpin peduli lingkungan, kawal pilda agar berlangsung jujur dan

Walhi Sumsel siapkan kursus politik bagi mahasiswa kawal pilkada

Direktur Eksekutif Walhi Sumsel, M Hairul Sobrii. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Selatan pada 2020 menyiapkan sejumlah kursus politik bagi mahasiswa untuk mengawal pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada 23 September mendatang.

"Melalui kursus politik diharapkan mahasiswa dapat mengawal pelaksanaan pilkada di tujuh daerah dari 17 kabupaten dan kota dalam provinsi ini berjalan dengan jujur dan adil sehingga menghasilkan kepala daerah yang benar-benar diharapkan masyarakat dan peduli terhadap lingkungan," kata Direktur Eksekutif Walhi Sumsel, M Hairul Sobri di Palembang, Sabtu.

Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan dengan memiliki bekal pengetahuan politik yang baik dapat berpartisipasi dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat termasuk dalam pilkada.

Dengan mengikuti kegiatan tersebut mahasiswa diharapkan mendapat pengetahuan seputar dunia politik dan mengasah daya kritis.

Kemudian bisa membentuk karakter mahasiswa yang memiliki ketahanan fisik, serta kemampuan berpikir yang baik dalam kondisi normal dan tidak normal.

Menurut dia, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dituntut mampu berpikir dan bertindak secara baik di dalam kondisi apapun.

Melalui kursus tersebut diharapkan mahasiswa mampu membangun gerakan politik di lingkungan tempat tinggal dan kampus.

Mahasiswa diharapkan pula dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat dan meluruskan sesuatu yang menyimpang dari aturan hukum demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan sejahtera, ujar Hairul.