Seluruh kejuaraan panjat tebing internasional ditunda

id Panjat tebing,Olimpiade tokyo,Olahraga terdampak corona

Seluruh kejuaraan panjat tebing internasional ditunda

Yenny Wahid. (ANTARA FOTO/ Yulius Satria Wijaya)

Jakarta (ANTARA) - Ketua umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) Yenny Wahid mengatakan seluruh kejuaraan panjat tebing internasional terutama untuk perebutan tiket Olimpiade Tokyo ditunda hingga pandemi COVID-19 reda.

Kepastian penundaan itu disampaikan Yenny Wahid usai menggelar Video Conference dengan Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC) bersama seluruh federasi panjat tebing dunia.

"Tentunya seperti sudah bisa diduga, semua turnamen panjat tebing ditunda sampai meredanya pandemi COVID-19," kata Yenny dalam keterangannya di grup perpesanan, Kamis.

"Intinya seluruh turnamen ditunda termasuk yang sifatnya sebagai qualifier atau turnamen kualifikasi peserta Olimpiade," kata dia menambahkan.

Dengan dibatalkan seluruh turnamen, otomatis Indonesia yang awalnya mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan panjat tebing Asia juga dipastikan tertutup.

Kejuaraan yang merupakan babak kualifikasi terakhir sebelum Olimpiade 2020 itu seharusnya digelar di Morioka, Jepang, pada Mei. Namun IFSC Asia memutuskan untuk memindahkan lokasi dengan alasan kekhawatiran penyebaran virus corona yang mewabah di Negeri Sakura itu.

"Karena kan memang April ke atas sebetulnya sudah terjadwal untuk kompetisi benua (Continental Championship). Namun semua akhirnya ditunda dahulu sambil melihat perkembangan situasi. IFSC akan terus berkoordinasi dgn IOC dan akan mengupdate apabila ada perkembangan terbaru," kata dia.

Yenny mengatakan, dari Video Conference yang disampaikan Ketua IFSC Marco Scolaris bahwa fokus saat ini adalah semua negara bekerja sama untuk melawan pandemi COVID-19.

"Bahkan Marco menekankan bahwa tebing dan dinding tidak akan bergeser, tetapi virus bisa menjalar ke mana-mana. Karenanya menjadi penting sekali kita semua tetap menjaga jarak dan tinggal di rumah," kata dia.