Wagub Sumsel minta bupati cek persediaan bahan pokok

id Wagub, sembako, cek

Wagub Sumsel minta bupati cek persediaan bahan pokok

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya (kanan baju putih) Dok Humas Pemprov Sumsel

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya minta bupati dan wali kota untuk melakukan pengecekan kebutuhan bahan pokok dalam menghadapi bulan puasa dan Lebaran.

"Saat merebaknya virus COVID -19 ketersediaan kebutuhan pokok harus cukup saat Ramadhan dan Lebaran nanti," kata Wagub usai menghadiri rapat perdagangan di Palembang, Selasa.

Wagub meminta instansi terkait yang ada di 17 kabupaten dan kota dalam Provinsi Sumsel mengecek ketersediaan kebutuhan pokok di daerahnya masing-masing.

"Rapat perdagangan tahun ini sangat menjadi perhatian apalagi di tengah musibah COVID-19 dan menyambut bulan Ramadhan. Jadi rapat perdagangan kali ini tidak hanya tertuju pada tahun 2021 akan tetapi ditahun 2020 ini sangat menjadi perhatian kita semua," kata Wagub.

Ketersedian bahan pokok, lanjut Mawardi menjadi tanggungjawab bersama apalagi aktifitas masyarakat dalam situasi COVID-19 menimbulkan penghambatan.

"Pasokan bahan pokok ini tanggungjawab bersama, karena masyarakat dianjurkan mengurangi aktifitas, tidak lain untuk keselamatan masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Dia mengatakan, kalau kebutuhan pokoknya terpenuhi pasti masyarakat akan merasa tenang begitu juga dia mengharapkan ketersediaan bahan pokok di kabupaten dan kota untuk dapat terus dikontrol sehingga kebutuhan tidak mengalami kelangkaan.

Di sini juga ada peranan penting dari pihak Bulog dalam penyiapan stok beras agar tidak terjadi gejolak di tengah masyarakat.

"Saya mengharapkan bantuan kepada seluruh Dinas terkait baik Provinsi, kabupaten dan kota agar lebih responsif di dalam mengawasi kebutuhan bahan pokok. Bagaimana agar kebutuhan di daerah Sumsel jangan menjadi masalah," tambahnya.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Iwan Gunawan Syaputra mengatakan, sasaran dari pelaksanaan rakor ini antara lain terlaksananya koordinasi dan sinkronisasi bahan pokok.

Perencanaan sangat penting sebagai upaya antisipasi jangan sampai ada daerah yang tidak siap dalam menghadapi kebutuhan masyarakat terutama saat bulan suci Ramadhan mendatang, tambah dia.