Gubernur Sumsel umumkan kasus positif COVID-19

id Sumsel positif COVID-19, COVID-19, odp sumsel, pdp sumsel, corona sumsel

Gubernur Sumsel umumkan kasus positif COVID-19

Gubernur Sumsel Herman Deru saat mengumumkan temuan positif COVID-19 pertama di Sumsel, Selasa (24/3) (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengumumkan kasus positif COVID-19 pertama di wilayah tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen.

"Informasi dari gugus tugas bahwa dari spesimen yang dikirim Sumsel ternyata ada satu yang positif COVID-19, dimungkinkan yang positif itu salah satu dari dua PDP yang meninggal Senin (23/3)," kata Herman Deru saat memberikan keterangan pers di Palembang, Selasa.

Sebelumnya dua PDP Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Muhammad Hoesin Palembang meninggal pada Senin (23/3) pagi, keduanya telah dimakamkan pada Senin dengan prosedur pemakaman jenazah positif COVID-19 meski saat itu hasil uji laboratorium belum keluar.

Ia menyebut PDP dengan kemungkinan positif tersebut berasal dari Kota Palembang dan diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta, saat ini orang-orang yang memiliki kontak dengan PDP positif tersebut dimasukkan dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Dengan temuan kasus positif pertama itu, Pemprov Sumsel menaikkan status dari waspada menjadi siaga atau tanggap darurat COVID-19.

"Kami realokasi dana Rp100 miliar untuk antisipasi COVID-19 ini," tambah Deru.

Sementara hingga 23 Maret 2020 di Sumsel terdapat 247 ODP dengan 110 ODP telah selesai, sedangkan PDP berjumlah 13 orang dengan delapan PDP sudah selesai pengawasan dan enam orang  diantaranya dinyatakan negatif COVID-19.