Pasien positif COVID-19 di Kaltim bertambah jadi sembilan orang

id Corona, covid 19, pasien positif corona

Pasien positif COVID-19 di Kaltim bertambah jadi sembilan orang

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Andi M Ishak saat memberikan keterangan update terakhir perkembangan COVID-19 di Kaltim, Jumat (20/3/2020). ANTARA/Arumanto

Samarinda (ANTARA) - Kasus pasien positif terkonfirmasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur bertambah lagi enam orang hingga menjadi sembilan orang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Andi M Ishak kepada awak media di Samarinda, Jumat  menjelaskan bahwa enam orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 itu, lima kasus terjadi di Kota Balikpapan dan satu kasus di Kutai Kartanegara.

"Hingga saat total pasien asal Kaltim yang terkonfirmasi COVID-19 berjumlah sembilan orang," ucap Andi M Ishak.

Kasus enam orang yang baru dinyatakan positif COVID-19 tersebut, beberapa di antaranya ada keterkaitan dengan pasien sebelumnya yang dinyatakan positif yaitu erat kaitannya dengan pasien COVID-19 di Solo, Jawa Tengah.

"Tiga orang dari lima kasus di Balikpapan ini ada hubungan erat dengan pasien dari Samarinda yang sudah terkonfirmasi COVID-19, yakni pernah mengikuti seminar di Bogor, Jawa Barat, bersama dengan pasien di Solo yang meninggal dunia, dan saat ini pasien menjalani perawatan di RSUD Kanujoso, Balikpapan," jelasnya.

Sedangkan dua kasus lainnya di Balikpapan punya riwayat perjalanan berbeda, satu pasien pernah melakukan perjalanan ke Jepang, dan pasien lainnya pernah melakukan perjalanan ke Jakarta.


"Dua pasien ini, satu orang menjalani perawatan di RS Pertamina, Balikpapan, dan satu lainnya di RS Kanujoso, Balikpapan," ujarnya.

Sementara untuk tambahan satu kasus di Kutai Kartanegara berdasarkan riwayat perjalanan sempat mengikuti pertemuan di Jakarta.

"Pasien ini sempat memeriksakan kondisinya usai melakukan pertemuan dari Jakarta, di RSUD Parikesit, Tenggarong dengan gejala awal batuk dan sakit tenggorokan," tegas Andi M Ishak.