Penerapan regulasi teknis F1 diundur ke tahun 2022

id formula1,formula one,formula1 2021,olahraga terdampak corona

Penerapan regulasi teknis F1 diundur ke tahun 2022

Desain mobil Formula 1 2021. ANTARA/Formula1.com/pri. (ANTARA/Formula1.com)

Jakarta (ANTARA) - Menyusul kesepakatan antara FIA, Formula 1 dan sepuluh tim kompetitor, maka penerapan regulasi teknis musim Formula 1 2021 akan ditunda hingga 2022 imbas dari pandemi virus corona yang menjadi pukulan berat olahraga balap mobil tersebut.

Musim 2021 sedianya menyaksikan perombakan besar-besaran regulasi terkait desain baru mobil F1 yang diharapkan mampu memperketat persaingan dan memangkas jarak antara tim kaya dan yang berbujet lebih rendah.

"Karena (COVID-19) menyebabkan situasi finansial yang volatil, para tim telah sepakat untuk menggunakan sasis 2020 mereka untuk 2021, dengan potensi pembekuan dari komponen-komponen lain yang akan dibahas lebih lanjut," demikian pernyataan FIA di laman resminya, Kamis malam.

Sementara itu regulasi finansial, yang membatasi bujet tiap tim, akan tetap diterapkan mulai tahun depan.

"Semua tim menyatakan dukungan mereka kepada FIA dan Formula 1 dalam upaya mereka untuk merestrukturisasi kalender 2020 di tengah perkembangan situasi global terkait COVID-19."

Grand Prix Azerbaijan pada 7 Juni kemungkinan akan menjadi seri pembuka F1 musim ini setelah tujuh seri awal ditangguhkan.

F1 juga telah memutuskan untuk memajukan sesi jeda musim panas, yang biasanya berlaku pada Agustus, ke Maret dan April, dengan menambah durasi dari 14 hari menjadi 21 hari.