Musi Banyuasin gandeng Muaro Jambi cegah kebakaran hutan

id karhutla,musi banyuasin,musi banyuasin gandeng muaro jambi,musi banyuasin-muaro jambi,muba-muaro jambi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel,

Musi Banyuasin gandeng Muaro Jambi  cegah kebakaran hutan

Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno (kanan) dengan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi di Kantor Mess Perwakilan Muba, Palembang, Kamis (19/3). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menggandeng kabupaten tetangganya, Muaro Jambi, Provinsi Jambi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi di Sekayu, Kamis, mengatakan, langkah tersebut diambil lantaran kedua daerah itu memiliki potensi rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat musim kemarau.

“Perbatasan Muba-Jambi tentu harus diintensifkan karena rawan karhutla. Kami tidak ingin karhutla yang hebat seperti tahun-tahun lalu terulang, harus waspada jauh-jauh hari,” kata dia.

Beni mengatakan sinergi pencegahan karhutla dimaksimalkan, tidak perlu menunggu terjadinya karhutla baru berkoordinasi.

Ia menambahkan, sarana pendukung dan personel tim cegah karhutla pun saat ini terus dimaksimalkan.

Oleh karena itu, kedua pemkab tersebut sepakat untuk fokus menyiapkan sarana maupun personel di lapangan.

“Kami akan menyamakan pendataan baik administrasi kependudukan, batas wilayah serta langkah intensif seperti rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan karhutla,” kata dia.

Beni mengatakan berbagai upaya pencegahan dan antisipasi terus digencarkan Pemkab Muba untuk mengantisipasi karhutla, termasuk penganggaran dana dan prasarana serta kerja sama melibatkan perusahaan yang ada di daerah itu.

Sementara itu, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah intensif Muba dalam pencegahan karhutla di daerah perbatasan Muba--Muaro Jambi.

“Kami berupaya maksimal agar karhutla di wilayah perbatasan Muba-Muaro Jambi tidak terulang tahun ini,” kata dia.

Menurut Bambang, Pemkab Muaro Jambi telah berkomitmen untuk menuju zero asap sepanjang tahun 2020.

Bambang mengaku, Pemkab Muaro Jambi juga akan belajar banyak dengan Pemkab Muba terkait penanganan dan pencegahan karhutla.