Kabupaten Ogan Komering Ulu tetapkan status siaga Covid-19

id OKU berstatus siaga Covid-19

Kabupaten Ogan Komering Ulu tetapkan status siaga Covid-19

Pemkab OKU gelar rakor penetapan status siaga Covid-19 (Antara/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Azis menetapkan status siaga Covid-19 pasca adanya warga dari Kabupaten Lahat yang dirujuk ke RS M Hoesin Palembang karena terindikasi terpapar virus corona (Covid-19).

"Ya, Kabupaten OKU sekarang berstatus siaga Covid-19 atau virus corona," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Kuryana Azis di Baturaja, Selasa.

Guna mengantisipasi penyebaran virus yang mematikan itu untuk sementara waktu pihaknya menutup seluruh tempat objek wisata seperti Goa Putri dan Goa Harimau di wilayah setempat.

"Termasuk juga kegiatan Car Free Day yang dilaksanakan setiap minggu agar ditutup sementara sampai keadaan betul-betul aman," kata dia.

Ia mengajak masyarakat melakukan pemeriksaan suhu tubuh seperti di Stasiun Kereta Api, terminal bus Batukuning dan pusat keramaian lainnya guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

"Petugas akan disiagakan untuk mengecek suhu tubuh. Bila ada indikasi suspect corona maka langsung dibawa dengan mobil ambulans khusus yang sudah disiapkan," ujar dia. 

Untuk mengatasi Covid 19 saat ini tiga rumah sakit di Baturaja sudah menyiapkan ruang isolasi apabila ada pasien yang positif terpapar virus tersebut.

"Semua rumah sakit di Baturaja juga sudah melakukan simulasi.  Kemudian sudah siagakan Pablic Safety Center (PSC) 119 dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKU," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar