Polda Sumsel siapkan 100 sukarelawan penyemprot disinfektan

id Polda sumsel, relawan polda, crgah covid 19, virus corona, tim penyemprot disinfektan,cegah covid-19,cegah virus corona,berita sumsel, berita palemban

Polda Sumsel siapkan 100 sukarelawan  penyemprot disinfektan

Tim kesehatan Polda Sumsel siap membantu antisipasi penyebaran Covid 19. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyiapkan 100 sukarelawan untuk membantu melakukan penyemprotan cairan pembasmi kuman dan virus pada fasilitas umum sebagai antisipasi penyebaran virus corona baru (COVID-19).

"Kami telah menyiapkan 100 petugas yang siap dijadikan sukarelawan untuk melakukan upaya penyemprotan disinfektan sebagai bentuk antisipasi pencegahan terjadinya penyebaran COVID-19 di wilayah provinsi ini," kata Kapolda Sumsel, Irjen Pol Priyo Widyanto, di Palembang, Selasa.

Upaya pencegahan 'Coronavirus Disease-19 (COVID-19)' dimulai dari diri sendiri, dari tempat tinggal maupun dari tempat kerja.

Pencegahan penyebaran COVID-19 harus dilakukan secara bersama-sama dan tidak boleh ada yang tidak peduli karena jika sampai terjangkit dapat menular kepada keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Untuk melakukan kegiatan bersama, pihaknya telah memulainya pada 14-15 Maret 2020, melakukan upaya pencegahan virus corona seperti menjaga kebersihan lingkungan dengan membersihkan sampah dan menyemprotkan cairan disinfektan di rumah ibadah, stasiun kereta api, LRT, bandara, pelabuhan, dan fasilitas umum lainnya serta mengedukasi masyarakat cara mencuci tangan yang bersih dan benar bersama tim kesehatan provinsi dan jajaran Kodam II Sriwijaya.

Penyemprotan cairan disinfektan dan menjaga kebersihan di tempat yang dianggap sebagai pintu masuk dan rawan terjadinya penyebaran COVID-19, akan dilakukan lebih intensif dengan ratusan tenaga sukarelawan yang disiagakan sehingga kegiatan pencegahan penyebaran virus corona bisa maksimal.

Guna melakukan kegiatan bersama antisipasi penyebaran COVID-19 di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu, pihaknya melakukan rapat koordinasi bersama Satgas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19.

Melalui upaya bersama tersebut diharapkan dapat mempertahankan status Sumatera Selatan yang hingga kini masih terbebas dari penyebaran virus corona, kata kapolda.