Mengdagri Tito beraktivitas normal bahkan beri pernyataan terkait virus corona

id Mendagri Tito,beraktivitas normal,beri pernyataan terkait virus corona,Beri pernyataan,virus corona,penanganan corona,co

Mengdagri Tito beraktivitas normal bahkan beri pernyataan terkait virus corona

Mendagri Tito Karnavian memberi pernyataan terkait virus corona di Kantor BNPB Jakarta, Senin (16/3/2020). (ANTARA/HO/Puspen Kemendagri)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sudah beraktivitas normal dan tampak hadir memberikan pernyataan terkait virus Corona (COVID-19) dalam video konferensi di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Jakarta, Senin.

Mendagri mengatakan bahwa Pemerintah Daerah dapat melakukan revisi dan relokasi Anggaran Penerimaan Belanja Daerah (APBD) dengan fokus untuk meningkatkan kapasitas di bidang kesehatan, meningkatkan daya tahan ekonomi masyarakat yang masih rentan atau kurang mampu, dan membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar roda perekonomian di daerah tetap bergerak.

"Berkaitan dengan kebijakan penanggulangan COVID-19, maka yang berkaitan dengan pemerintahan di daerah, saya selaku Mendagri bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani pada hari Minggu sudah mengeluarkan dua peraturan yang berkaitan dengan revisi APBD yaitu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan Mendagri Nomor 20 tahun 2020," tutur Tito.

Sebelumnya, pada minggu kemarin, ada kabar mengatakan bahwa Tito beserta istri sedang menjalani tes/ pemeriksaan terkait virus Corona (Coronavirus Disease 2019/ COVID-19).

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kastorius Sinaga mengatakan dua hasil tes/ pemeriksaan Mendagri beserta istri menunjukkan negatif mengidap virus mematikan tersebut.

Namun, cakupan tes COVID-19 sangat intensif, meliputi 1. Pemeriksaan laboratorium pada sampel darah 2. Pemeriksaan paru-paru lewat rontgen Sinar X dan 3. Pemeriksaan laboratorium pada cairan tenggorokan dan hidung.

"Hasil tes tersebut, khususnya nomor 1 dan 2 (tes pemeriksaan pada darah dan pemeriksaan rontgen Sinar X pada paru-paru), menunjukkan bahwa Mendagri Tito dan ibu Tri Suswati Karnavian negatif atau sama sekali tidak terkena infeksi virus corona," kata Sinaga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan, Mendagri Tito dan istri melakukan tes COVID-19 kemarin pada minggu (15/3/2020) jam 14.30 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Sebelumnya, atas instruksi Presiden, semua menteri/kepala lembaga negara harus menjalani tes /pemeriksaan infeksi COVID-19.

Maka bersama-sama dengan para menteri lainnya, Mendagri Tito pun melakukan pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Sinaga mengatakan para menteri hingga saat ini masih menunggu hasil laboratorium pada cairan tenggorokan dan hidung (nomor 3).

"Sebagaimana juga dengan para Menteri lain, kita juga masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium pada cairan tenggorokan dan hidung," ujar Sinaga.

Hasil pemeriksaan sampel cairan tenggorokan itu, sesuai protokol medis laboratorium, baru bisa diketahui setelah 2 sampai 3 hari kerja sejak saat pengambilan sampel dilakukan.

Kendati masih menunggu, Sinaga menyatakan bahwa Mendagri dan istri saat ini dalam keadaan sehat walafiat dan sudah menjalankan kegiatan yang sudah terjadwal pada hari ini seperti biasa.