Pengelola LRT Palembang periksa ketat penumpang cegah COVID-19

id Lrt, antidipasi penyebaran virus votona, covid 19, stasiun lrt palembang cegah covid 19

Pengelola LRT Palembang periksa ketat penumpang  cegah COVID-19

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan didalam gerbong kereta di Depo Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan, Palembang, Selasa (10/3/2020). ANTARA/ Nova Wahyudi

Palembang (ANTARA) - Pengelola kereta api ringan (LRT) di Palembang melakukan pemeriksaan ketat penumpang terutama dari stasiun Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru (COVID-19).

"Setiap penumpang yang akan masuk stasiun dan menggunakan LRT dilakukan pemeriksaan suhu tubuhnya oleh petugas kesehatan dengan menggunakan alat portabel (thermal gun)," kata Manager Operasional LRT Palembang, Miyanto di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya berupaya menjaga keamanan dan memberikan perlindungan kesehatan secara maksimal kepada penumpang LRT dari serangan virus corona.

Sebagai tindakan antisipatif penyebaran COVID-19, pihaknya menempatkan petugas kesehatan di stasiun LRT untuk melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang, memberikan cairan pembersih tangan, dan menyemprotkan disinfektan di sekitar area stasiun dan dalam gerbong LRT.

Melalui upaya tersebut, hingga kini 13 stasiun LRT Palembang dalam kondisi aman penyebaran COVID-19 dan diharapkan dapat dijaga bersama kebersihannya sehingga dapat dipertahankan kondisi anan tersebut, katanya.

Sementara sebelumnya Executive Vice President PT KAI Divre III Palembang, Tamsil Nurhamedi, mengatakan bahwa pihaknya setiap hari melakukan penyemprotan cairan disinfektan, bahkan sebelum wabah virus corona muncul.

Penyemprotan disinfektan SOP kebersihan yang dilakukan setiap hari bersamaan dengan pembersihan rutin setiap trainset setelah selesai beroperasi.

Antisipasi penyebaran COVID-19 di Indonesia telah menjadi perhatian secara nasional, PT KAI berkomitmen memberikan rasa aman kepada penumpang kereta, ujarnya.