18 orang warga Nagan Raya Aceh dihukum cambuk karena berjudi

id berita aceh terkini,berita aceh,berita nagan raya,syariat Islam,Aceh

18 orang warga Nagan Raya Aceh dihukum cambuk karena berjudi

Seorang terpidana menjalani hukuman cambuk di muka umum yang dipusatkan di Tribun Utama Alun-Alun Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Jumat (13/3/2020). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Suka Makmue (ANTARA) - Kejaksaan Negeri Nagan Raya, Provinsi Aceh, melakukan eksekusi hukuman cambuk terhadap 18 orang terpidana dalam kasus perjudian (maisir) yang dipusatkan di Tribun Utama Alun-Alun Perkantoran Suka Makmue, Jumat (13/3) sore.

Para terpidana yang dihukum cambuk tersebut dicambuk dengan jumlah variasi yakni 20 kali hingga 23 kali cambuk per orang.

"Bagi narapidana yang sudah menjalani tiga bulan di lembaga pemasyarakatan, mereka dikurangi cambuk selama tiga kali dari total jumlah pidana," kata Kepala Kejaksaan Negeri Nagan Raya, Aceh, Sri Kuncoro, di Suka Makmue.

Ia menjelaskaskan, misalnya, ada terpidana yang divonis 23 kali cambuk oleh majelis hakim. Namun karena sudah menjalani pidana selama tiga bulan, maka vonis yang dijalankan untuk dicambuk dikurangi selama tiga kali menjadi 20 kali.

Begitu juga dengan narapidana yang divonis cambuk 20 kali, juga dikurangi hukumannya menjadi 17 kali cambuk di muka umum.

Menurutnya, keseluruhan terpidana yang dieksekusi tersebut merupakan perkara yang terjadi pada tahun 2019 lalu dan dieksekusi pada tahun 2020 karena putusannya sudah berkekuatan hukum tetap.

"Pelaksanaan hukuman cambuk ini sesuai dengan Qanun (Peraturan Daerah) Perda Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat yang sudah berlaku di Aceh," tuturnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar