Polda Sumsel koordinasi jajaran dukung Sensus Penduduk daring

id kapolda, kapolda susmel, sensus penduduk, sp online, sp daring sensus penduduk secara daring, sukseskan sensus penduduk ,orang yang mendonorkan ginjal

Polda Sumsel koordinasi jajaran  dukung Sensus Penduduk daring

Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Po Priyo Widyanto. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Irjen Po Priyo Widyanto menyatakan pihaknya siap mendukung dan menyukseskan kegiatan Sensus Penduduk secara daring dengan melakukan koordinasi anggota Polri dan ASN jajarannya untuk melakukan pengisian data sensus secara bersama-sama.

"Kami mendukung penuh Sensus Penduduk secara daring (online) yang tengah dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) dengan membuat edaran kepada seluruh jajaran untuk berpartisipasi," kata Irjen Po Priyo di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dalam waktu dekat akan diadakan pengisian bareng Sensus Penduduk (SP) daring melalui perwakilan subbagian dan operator dari seluruh jajaran yang ada di 17 kabupaten/kota dalam wilayah hukum Polda Sumsel.

Kemudian dari masing-masing subbagian dan operator akan meneruskan ke seluruh anggota Polri dan ASN hingga tingkat polsek di pelosok desa, katanya.

Sensus Penduduk 2020 yang sekarang ini dalam tahap pengisian secara daring perlu mendapat dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat sehingga berjalan sukses sesuai jadwal dan tujuan yang hendak dicapai.

Seluruh masyarakat Sumatera Selatan diharapkan berpartisipasi dalam sensus penduduk baik pengisian data secara daring maupun tahapan berikutnya wawancara dengan petugas sensus yang mengunjungi ke rumah-rumah.

Sensus penduduk 2020 sangat penting mendapat dukungan semua pihak dan lapisan masyarakat agar berjalan sukses karena datanya sebagai dasar perencanaan pembangunan manusia Indonesia ke depan, ujar kapolda.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih menjelaskan sensus penduduk secara daring mulai berjalan di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan terhitung 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Sensus penduduk daring adalah sistem pendataan penduduk dengan cara masyarakat harus mengisi data diri sendiri di link yang sudah disediakan oleh BPS yakni sensus.bps.go.id.

Kegiatan sensus secara daring tersebut diharapkan mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat sehingga bisa berjalan sesuai target yang diharapkan.

Target yang diharapkan pada sensus penduduk daring yang baru pertama kali dilakukan tahun 2020 ini sekitar 45 persen.

Untuk mencapai target tersebut, sebelum pelaksanaan sensus penduduk pihaknya gencar melakukan sosialisasi bersama jajaran pemerintah kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

Setelah kegiatan sensus penduduk secara daring yang dijadwalkan berakhir pada 31 Maret, pihaknya akan melanjutkan sensus penduduk wawancara dengan menurunkan petugas ke rumah-rumah penduduk yang mengalami kesulitan melakukan pengisian data sensus secara daring pada Juli 2020, kata kepala BPS Sumsel.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar