PSSI gelar kompetisi Liga 1 U-16 dan U-18 Maret

id PSSI,Elite Pro Academy,U-16,U-18

PSSI gelar kompetisi Liga 1 U-16 dan U-18 Maret

Menpora Zainudin Amali (keempat kiri) didampingi Ketua PSSI Mochammad Iriawan (keenam kiri) dan Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri (kedelapan kiri) menyalami pesepak bola Persebaya Surabaya saat pembukaan kompetisi Sepak Bola Liga-1 Indonesia 2020 di Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - PSSI akan mulai menggelar kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 dan U-18 pada akhir Maret.

Dikutip dari laman resmi PSSI, kompetisi usia dini tersebut rencananya akan diikuti 18 klub peserta Liga 1 senior. Ini akan menjadi tahun ketiga penyelenggaraan EPA Liga U-16 dan U-18 sejak dimulai pada 2018 silam.

"Alhamdulillah, insya Allah kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 dan U-18 akan dimulai pada akhir Maret ini. PSSI berharap kompetisi ini berjalan lancar dan sesuai visi program PSSI yang ingin terus meningkatkan kualitas kompetisi terutama usia dini," kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan saat memimpin rapat persiapan kompetisi EPA di Jakarta.

Iriawan menambahkan bahwa kedua kompetisi itu sangat penting dilaksanakan oleh PSSI untuk pembinaan pemain muda, sekaligus sarana mencari pemain tim nasional usia muda.

"Kompetisi ini bukan hanya untuk kepentingan PSSI. Tapi juga kepentingan klub untuk mempersiapkan pemain-pemain masa depan," tambahnya.

Direktur teknik PSSI Indra Sjafri menyambut hangat rencana pelaksanaan kompetisi tersebut, yang akan memudahkan para pelatih klub atau timnas untuk memantau pemain-pemain yang diinginkan.

"Ini menjadi tahun ketiga digelarnya kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 dan U-18. Tentu harus lebih baik dan semakin banyak menciptakan pemain berkualitas. Pemain juga terasah sejak usia muda karena mereka dituntut memiliki kemampuan, teknik, skill, kecerdasan, dan fair play," tutur Indra.

Pada tahun lalu, Bhayangkara FC menjadi juara untuk kompetisi Liga 1 U-18, sedangkan gelar juara Liga 1 U-16 menjadi milik PS Tira. Pada gelaran Liga 1 U-16 dan U-18 edisi perdana, Persib memboyong gelar untuk kedua kategori tersebut.