Gangguan transimisi sebabkan listrik di lima wilayah sumsel padam

id Pln, sw2j, pln up3 palembang, lrt mati, listrik padam, transimisi listrik sumsel, gardu induk gunung megang, gardu induk,berita sumsel, berita palemba

Gangguan transimisi sebabkan listrik di  lima wilayah sumsel padam

General Manager PLN Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (WS2JB), Daryono (tengah), Rabu (11/3) (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Gangguan transmisi 150 Kilovolt antara Gardu Induk Gunung Megang - Bukit Asam menyebabkan padamnya listrik pada lima wilayah di Provinsi Sumatera Selatan pada Rabu siang.

General Manager PLN Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (WS2JB), Daryono, Rabu (11/3), mengatakan gangguan terjadi mulai pukul 13.56 WIB akibat terganggunya backbone transmisi sehingga sistem kelistrikan di Lampung dan Sumsel terpisah.

"Wilayah yang terdampak yakni Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin, gangguannya itu tidak total satu wilayah padam tapi hanya sebagian saja," ujar Daryono saat dikonfirmasi.

Menurut dia tim reaksi cepat PLN langsung melakukan penormalan sistem kelistrikan di wilayah terdampak dan pada pukul 15.48 WIB listrik kembali normal.

Namun pihaknya belum bisa memastikan penyebab terjadinya gangguan karena tim reaksi cepat PLN masih menyelidikinya, termasuk kemungkinan pengaruh cuaca ekstrem yang tengah melanda wilayah Sumsel satu pekan terakhir.

"Yang penting sekarang listriknya sudah normal semua," tambah Daryono.

Akibat padamnya listrik tersebut sempat menghambat operasional LRT Sumsel selama 35 menit dan membuat penumpang harus dievakuasi ke stasiun terdekat.

"Ada empat perjalanan yang terhenti karena listrik padam di Stasiun Punti Kayu, Dishub dan Jakabaring," kata Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti.

Para penumpang dievakuasi menuju stasiun terdekat dengan dipimpin petugas LRT yang berjaga sesuai SOP keselamatan penumpang, namun saat ini LRT telah beroperasi normal kembali.