Sumsel alokasikan Rp37 miliar cegah karhutla

id herman deru,gubernur,gambut,karhutla

Sumsel alokasikan Rp37 miliar cegah karhutla

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Selasa (10/3/2020). (ANTARA/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan anggaran senilai total Rp37 miliar untuk dibagikan ke sejumlah kabupaten yang rawan mengalami kebakaran hutan dan lahan.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Selasa, mengatakan dana tersebut telah tersedia yang bersumber dari APBD 2020.

“Kabupaten/kota yang rawan karhutla silakan mengajukan bantuan, saya sediakan Rp5 miliar per daerah untuk pencegahan karhutla,” kata dia setelah sosialisasi penegakan hukum karhutla yang dihadiri Kabareskrim Polri Irjen Listyo Sigit.

Ia mengatakan bantuan tersebut nantinya akan diplot untuk meningkatkan sarana dan prasarana pencegahan karhutla hingga pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan gambut.

“Nanti sebelum diberikan tentunya akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu,” kata dia.

Sumsel memiliki lahan gambut seluas 1,27 juta hektare yang tersebar di 7 kabupaten, meliputi Musi Rawas, Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Muara Enim, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Ia menambahkan sejauh ini pemprov telah membentuk tim terpadu pencegahan dan pengendalian karhutla yang terdiri dari 7 kelompok kerja (pokja).

“Pokja itu menyasar berbagai bidang, mulai dari deteksi dini, pemberdayaan masyarakat, patroli pencegahan hingga evaluasi,” kata dia.