PT Bukit Asam segera buat dua jalur kereta babaranjang

id Bukit Asam,Kereta Babaranjang

PT Bukit Asam segera buat dua jalur kereta babaranjang

Suasana perayaan HUT ke-39 PT Bukit Asam, di Lapangan Saburai Korem 043/Gatam, Ahad. (8/3/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Bukit Asam mempercepat rencana pembangunan dua jalur kereta api batu bara rangkaian panjang (babaranjang) dari Tanjung Enim ke Tarahan tanpa melewati daerah perkotaan.

"Hal ini juga sudah disampaikan oleh Gubernur Lampung, jadi kita sedang mengusahakan dan mempercepat semua itu agar terealisasi dalam waktu dekat ini," kata Direktur PT Bukit Asam Arviyan, di Bandarlampung, Ahad.

Menurutnya, dengan dibangunnya jalur ganda kereta menuju Tarahan maka kereta api pembawa batu bara tidak akan terlalu banyak mengganggu aktivitas sosial masyarakat di Lampung.

Dengan adanya rencana dua jalur ini, lanjutnya, pihaknya pun berharap kapasitas batu bara yang dihasilkan oleh Bukit Asam dapat meningkat dua kali lipat dari sebelumnya.

"Saat ini kita hanya memproduksi sekitar 30 juta ton batu bara setahun, tentunya dengan adanya trek ganda maka kami harap mampu menghasilkan 60 juta ton per-tahun," ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, dengan adanya dua jalur kereta ini tentunya bukan saja Bukit Asam yang diuntungkan, tapi masyarakat Lampung juga karena delapan puluh persen distribusi batu bara melalui provinsi ini.

Sementara itu Gubernur Lampung Arinal, menegaskan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan merealisasikan pembuatan dua jalur kereta api babaranjang ini.

"Saya telah meminta PT Bukit Asam menginisiasi pembuatan trek ganda kereta ini dan berbicara dengan perusahaan lainnya agar jalur yang akan dibuat ini tidak mengganggu aktivitas kereta lainnya," kata dia.*
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar