DKP OKU uji sampel sayur dan buah pastikan aman dari pestisida

id DKP OKU sidak pasar

DKP OKU uji sampel sayur dan buah pastikan  aman dari pestisida

Pemkab OKU gelar sidak pasar. (Antara/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengambil sampel sayur dan buah yang dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional di wilayah setempat guna memastikan aman dari zat berbahaya seperti pestisida.

Kepala DKP Ogan Komering Ulu (OKU), Supriono melalui Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Erwin Martawijaya di Baturaja, Jumat mengatakan dalam sidak ini pihaknya mengambil sampel sayur dan buah yang dijual pedagang di beberapa pasar tradisional di Baturaja.

"Kami mendatangi agen sayur di Pasar Baru dan agen buah di kawasan Bakung, Kelurahan Kemalaraja," katanya.

Dia menjelaskan, sayur dan buah tersebut diambil untuk diuji sampel guna memastikan aman dikonsumsi masyarakat.

Pengujian sampel sayur dan buah ini bertujuan untuk memastikan buah dan sayur yang beredar di pasar aman dari kandungan zat berbahaya seperti Zat Pestisida.

"Uji sampel ini dilakukan mengingat biasanya saat musim pancaroba seperti sekarang ini oknum petani kerap menggunakan pestisida dengan kurang bijak," kata dia.

Dia mengemukakan, sayur dan buah segar ini akan diuji di Laboratorium Pengujian Mutu Hasil Pertanian (PMHP) Jakarta Timur.

Pengujian ini, lanjut dia, dilakukan karena Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) beresiko tinggi mengandung residu pestisida, mikotoksin dan logam berat.

"Bahan kimia ini sangat mengganggu kesehatan sehingga harus diantisipasi peredarannya di Kabupaten OKU meskipun sejauh ini hasil pengujian membuktikan buah dan sayur segar yang beredar di Kabupaten OKU aman dari zat berbahaya," ujarnya.