Gubernur Sumsel terima penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP

id Gubernur, satpol pp, mendagri,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Gubernur Sumsel terima penghargaan Karya Bhakti  Peduli Satpol PP

Gubernur Sumsel Herman Deru. (Dok Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menerima penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja dari Menteri Dalam Negeri di Mataram.

Penggargaan Karya Bhakti Satpol PP itu diserahkan langsung Mendagri Tito Karnavian saat Peringatan HUT ke- 77 Satpol PP dan peringatan ke - 58 Sat Linmas di Eks Bandara Selaparang Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa.

Gubernur usai menerima penghargaan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang mengatakan, pihaknya meminta kedepan Satpol PP dan Sat Linmas harus lebih profesional dan dekat dengan masyarakat

"Saya mengucapkan selamat hut ke 77 untuk Satpol PP dan Sat Linmas le 58. Kedepan tetap profesional, dekat dengan rakyat dan bersama TNI/Polri tetap terus menjaga ketertiban di masyarakat,"katanya.

Gubernur juga mengingatkan, selain menjaga Perda dan ketentaraman keamanan, Satpol PP juga harus melakukan pendekatan yang humanis tanpa ada kekerasan kepada masyarakat.

"Satpol PP ini tugas pokoknya menjaga Perda untuk keamanan, ketentraman, ketertiban bersama TNI/Polri.

Sehubungan itu harus tetap berpegang teguh pada pendekatan dan tindakan- tindakan yang persuasif. Untuk kekerasan sendiri harus dihindari, ujar gubernur.

Sementara Mendagri Tito Karnavian mengaku bangga terhadap dedikasi Satpol PP dan Sat Linmas yang telah memberikan kontribusi besar dalam keamanan, ketertiban kepada masyarakat selama ini.

Bahkan, menurut dia, ini menunjukkan bahwa eksistensi Satpol PP dan Sat Limnas dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa Indonesia dibutuhkan oleh masyarakat.

"Dua satuan ini agar dapat terus eksis. Kita lihat sekarang masih eksis walaupun usia Satpol PP 77 Tahun dan Sat Linmas 58 Tahun. Artinya Satpol PP dan Sat Linmas ini dibutuhkan rakyat dan diakui keberadaan oleh warga, katanya.

Dengan memiliki usia yang cukup dewasa serta memiliki landasan histori yang sangat kuat, Satpol PP diakuinya bagian dari perjuangan bangsa dan dibutuhkan masyarakat karena Satpol PP terutama menegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah khusus menjaga ketertiban umum dan wilayah daerahnya masing-masing.

Begitu juga keberadaan Sat Linmas mempunyai fungsi paling utamanya pada saat pengamanan penyelenggaraan Pilkada disamping itu juga tugas lain yang diberikan adalah dalam rangka masih tenjaga keamanan dan ketertiban umum, tambah Mendagri.

Selain Gubernur Sumsel Herman Deru, penghargaan juga diberikan kepada Gubernur NTB, Gubernur Bali, Walikota Mataram, Walikota Jambi dan Bupati Lebak.