Menkes minta jaga imunitas dan pola hidup bersih cegah terinfeksi virus

id Menkes terawan,Covid-19,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Menkes minta jaga imunitas dan pola hidup bersih cegah terinfeksi virus

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berkunjung ke rumah sakit Mitra Keluarga, Depok, Jawa Barat, Senin (2/3/2020). Sebanyak 76 petugas medis di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok dirumahkan para petugas sempat berinteraksi dengan dua pasien yang positif terinfeksi virus corona. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan dengan menjaga imunitas tetap baik dan melakukan pola hidup bersih dan sehat dapat mencegah tubuh terinfeksi virus termasuk virus corona alias COVID-19.

"Tetap nomor satu menjaga imunitas tubuh kita juga. Semua kita lakukan, di bandara kita awasi," kata Menkes Terawan dalam konferensi pers di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, Senin.

Semua kita lakukan penguatan tetap kita dilakukan di bandara tetap kita awasi kita waspadai, karena ini memang kasus yang tidak kelihatan. Kalau dia tidak ada demam batuk pilek yang dicurigai tidak bisa ketahuan.

Menkes Terawan juga menuturkan langkah pencegahan lain adalah tidak melakukan pendekatan atau kontak dengan orang yang terindikasi terinfeksi virus COVID-19.

Dia mengatakan gerakan masyarakat hidup sehat harus terus dilakukan. Menjaga kesehatan tubuh juga membutuhkan tidur yang cukup dan makanan yang bersih dan sehat.

"Imbauannya jelas jangan dekati orang yang kena nanti terkena. "Close contact" paling tidak cuci tangan terus jaga kesehatannya. Nomor satu imunitasnya. Karena selama habis perjalanan luar negeri biasanya jetlag masuk angin imunitas turun itu lah saat kita bisa terkena (virus) . Selama kita imunitasnya baik walau kontak langsung tidak akan terkena," ujarnya.

Dia mengajak masyarakat untuk tidak mengalami kekhawatiran yang berlebihan karena akan berdampak pada turunnya daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit atau terinfeksi virus

"Kalau paranoid yang muncul maka apa yang terjadi? Imunitas akan turun. Kekhawatiran yang berlebihan tidak pada tempatnya menimbulkan imunologis tubuh kita turun namanya psikoneuroimunologi. Kalau itu turun apa yang terjadi? Kita tanpa sadar membuat ketahanan kesehatan nasional kita ini sendiri yang turun," tuturnya.