Gubernur dorong kades maksimalkan dana desa turunkan kemiskinan

id dana desa, kemiskinan , angka kemiskinan, turunkan angka kemiskinan , gubernur sumsel turunkan kemiskinan,berita sumsel, berita palembang, antara sum

Gubernur dorong kades maksimalkan dana desa turunkan kemiskinan

Gubernur Sumsel bersama Menteri Desa PDTT Abdul Halim, Mendagri Tito Karnavian , dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada acara rapat kerja percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa di Palembang, Jumat (28/2). (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan pihaknya akan mendorong kepala desa memaksimalkan pemanfaatan dana desa untuk percepatan pembangunan dan penurunan angka kemiskinan.

"Angka kemiskinan di provinsi ini secara bertahap bisa diturunkan namun masih tergolong cukup tinggi sekitar 12 persen," kata Herman Deru di Palembang, Sabtu.

Melihat angka kemiskinan yang masih cukup tinggi, program pengentasan kemiskinan yang telah berjalan dengan baik selama ini akan dimaksimalkan.

Selain itu, kepala desa yang mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat sekitar Rp1 miliar didorong untuk mengelola dana tersebut sesuai dengan peruntukannya, yakni membangun infrastruktur dan program peningkatan kesejahteraan masyarakat desa yang sasaran utamanya menurunkan angka kemiskinan.

Melalui upaya tersebut diharapkan angka kemiskinan di Sumsel bisa turun signifikan dalam beberapa tahun ke depan sesuai dengan target yang diharapkan menjadi satu digit, kata gubernur.

Sementara Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada acara rapat kerja percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa di Palembang, Jumat (28/2) mengatakan pihaknya berupaya melakukan percepat penyaluran dana desa untuk prioritas pembangunan dan menciptakan kesempatan kerja di desa

.

Mulai tahun 2020 ini dana desa akan diterima langsung oleh desa, setiap desa bisa memproses pencairan tanpa harus menunggu desa lainnya siap.

Selain itu, pihaknya juga berupaya memberikan perhatian lebih kepada kepala desa yang berkinerja baik, desanya akan ditingkatkan menjadi desa mandiri dan maju.

Desa yang menjadi desa mandiri dan maju, kepala desanya akan diberikan dukungan dana desa yang lebih besar dari yang diterima sebelumnya.

Penyaluran dana desa secara nasional per 27 Februari 2020 mencapai Rp1,9 triliun. Khusus di Sumsel, penyaluran dana desa masih tergolong kecil baru 25 desa di satu daerah, yakni Kabupaten Musirawas sebesar Rp10,5 miliar

Kepala desa di kabupaten Sumsel lainnya diminta segera menyelesaikan persyaratan pencairan dana desa sehingga bisa digunakan untuk melanjutkan berbagai program pembangunan dan penurunan angka kemiskinan, kata Sri Mulyani.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar