RS Pemprov Sumsel siap layani kesehatan atlet

id rumah sakit,RS Siti Fatimah,RS Pemprov Sumsel,RS siap layani atlet,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel har

RS Pemprov Sumsel siap layani  kesehatan atlet

Audensi KONI Sumsel dengan RS Siti Fatimah (Dok.Humas KONI Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Rumah Sakit Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, RS Siti Fatimah siap dan akan memberikan pelayanan kesehatan bagi atlet berprestasi, pelatih dan pengurus KONI Sumsel.

Atlet, pelatih maupun pengurus KONl yang sakit atau cidera akan mendapat pelayanan kesehatan setelah mendapat rekomondasi dari KONI, kata Ketua Harian KONI Ahmad Taher di Palembang, Kamis.

Hal ini karena KONI Sumsel dan Manajemen Rumah Sakit (RS) Siti Fatimah, Palembang, dalam waktu dekat ini akan bekerja sama dalam pelayanan kesehatan bagi para atlet berprestasi, pelatih, dan pengurus KONI Sumsel.

Dia mengatakan, rencana pelayanan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pengurus KONI yang dikomandoi Hendri Zainuddin, terhadap para atlet, pelatih, maupun pengurus. Sehingga mereka pun merasa nyaman melaksanakan tugas sebagai atlet dan pelatih.

“Apalagi atlet kan rentan juga cidera,” katanya seraya mengatakan untuk itu KONI segera membuat kartu anggota, yang bisa dijadikan alat atau bukti untuk mendapat pelayanan dari RS Siti Fatimah setelah adanya kerja sama nanti.

Sementara Direktur RS Siti Fatimah, dr Syamsuddin, saat menerima audiensi sejumlah pengurus KONI Sumsel mengatakan, sudah beberapa lembaga bekerja sama dengan RS milik Pemprov Sumsel tersebut, antara lain PTBA dan DPRD Sumsel.

Namun, lanjut dia, hanya saja mungkin bentuk kerja sama yang tertuang dalam MoU akan berbeda antara lembaga satu dengan lainnya.

Dia minta agar KONI Sumsel melibatkan tim kesehatan dalam pembinanan, bahkan saat seleksi atlet. Dia mencontoh, kesehatan atlet sudah harus dicek saat seleksi, jangan sampai setelah dijadikan atlet ternyata rentan cidera atau rentan penyakit lainnya.

“Misalnya sudah terdeteksi dari awal kesehatan si atlet. Jangan sampai misalnya membina atlet mahal, ternyata rentan cidera,” katanya.

Sementara teknis kerja sama masih dalam pembahasan, termasuk apakah menggunakan sistem asuransi/jaminan kesehatan maupun sistem lainnya.

“Prinsipnya kami siap bekerja sama, karena secara SDM dan peralatan RS Siti Fatimah ini sudah siap memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar dia.

Menjawab tentang permohonan KONI Sumsel agar atlet berprestasi Sumsel dapat diterima sebagai pegawai RS Siti Fatimah, Syamsuddin mengatakan peluang itu sangat terbuka. Apalagi hal itu sudah menjadi kebijakan Gubernur Sumsel H Herman Deru, agar semua pihak memperhatikan nasib para atlet berprestasi.

“Tentu kita melihat peluang dan kamampuan si atlet. Tentu dengan rekomendasi KONI, akan kita beri kesempatan,” katanya.

Dalam audensi itu Direktur didampingi sejumlah staf RS lainnya. Sementara dari KONI Sumsel diwakili Ketua Harian, Ahmad Taher, didampingi Hidayat Comsu, Fahrurrozi, Rustam Imron, Rahmat Novel, Siti Hawa, Joulian Reddy, Suherman, Decsi Moulyta, dan Dewi.