KKP Palembang observasi 71 kru kapal asing

id KKP,virus,corona,penanganan corona,virus corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

KKP Palembang observasi  71 kru kapal asing

Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang memeriksa mahasiswa asal Sumatera Selatan yang menjalani pendidikan di Jiangsu Normal University, China yang tiba di Bandara International Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (1/2/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/ama)

Palembang (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang mengobservasi 71 kru kapal asing yang berlabuh di wilayah Sumatera Selatan untuk mengantisipasi masuknya virus corona atau Covid-19.

Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveillance Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, Fenty di Palembang, Rabu, mengatakan kru tersebut berasal dari 7 kapal asing asal Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

“Kapal-kapal asing tersebut diketahui melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru, Palembang,” kata dia.

Ia mengatakan KKP terus memantau kedatangan kru kapal asing ini menggunakan thermal scanner dan termometer infrared yang dipasang di bandara dan pelabuhan sebagai pintu masuk kedatangan internasional ke Sumsel.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan awal diketahui sebanyak 71 kru kapal itu dinyatakan sehat dengan suhu tubuhnya normal di bawah 38 derajat.

Meski begitu, ia melanjutkan, pemantauan tetap dilakukan selama mereka masih berada di wilayah Sumsel.

Ia menjelaskan KKP memiliki kriteria khusus dalam pengawasan. Bagi yang tiba di Palembang akan dilihat kondisi kesehatannya yakni apakah demam dan batuk serta memiliki riwayat perjalanan dari China.