Balai Bahasa Sumsel gelar lomba wajah bahasa sekolah

id Lomba wajah bahasa sekolah,balai bahasa, lomba wajah bahasa,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini,

Balai  Bahasa Sumsel gelar lomba wajah bahasa sekolah

Logo Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan menggelar lomba wajah bahasa sekolah tingkat provinsi tahun 2020.

"Ya, kami akan segera menggelar lomba wajah sekolah tingkat Provinsi Sumsel," kata Kepala Balai Bahasa Sumatera Selatan, Firman Susilo dalam rilisnya di Baturaja, Selasa.

Firman mengemukakan kegiatan lomba wajah bahasa sekolah tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan situasi tertib berbahasa di ruang publik.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, pihaknya telah menyiapkan hadiah puluhan juta rupiah bagi peserta yang berhasil memenangkan lomba tersebut.

Menurut dia, wajah bahasa sekolah merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah.

"Selain itu, keberadaan penggunaan bahasa melalui tulisan di ruang publik, termasuk di dalamnya wajah bahasa sekolah dirasa penting sebagai identitas instansi, wilayah bahkan negara," katanya.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan martabat negara melalui bahasa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik yang ditujukan kepada bupati/wali kota di seluruh Indonesia.

Surat Edaran ini menyebutkan bahwa semua kepala daerah wajib mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia pada nama bangunan dan permukiman di seluruh wilayah Indonesia.

"Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah ditujukan untuk sekolah tingkat SMP dan MTs negeri/swasta. Peserta atas nama lembaga sekolah mendaftarkan diri dengan mengirimkan foto objek penggunaan bahasa lembaga sekolah masing-masing paling lambat pada 24 April 2020," ujarnya.*