Wagub minta MUI selalu jaga toleransi

id Wagub

Wagub minta MUI  selalu jaga toleransi

Wagub Sumsel Mawardi Yahya saat menerima pengurus MUI di Palembang, Senin (24/2/2020) ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumsel

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengingatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat agar mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga toleransi di daerah tersebut.

Peran MUI memang sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan silahturahim antar sesama umat muslim maupun umat beragama lainnya, kata Wagub saat pertemuan dengan MUI sehubungan akan dilaksanakan Kongres Umat Islam Indonesia ((KUII) di Palembang, Senin.

Oleh sebab itu, Wakil Gubernur menegaskan agar MUI Sumsel terus berkontribusi meningkatkan toleransi kepada masyarakat.

"Salah satu tugas MUI Sumsel ini membatu menjaga silahturahim di Sumsel ini agar tetap rukun terutama sesama muslim,” kata Mawardi.

Sebab, lanjutnya, terpecah belahnya persatuan disebabkan karena tidak adanya toleransi antar sesama.

“Yang memutuskan silahturahim itu adalah kurangnya toleransi. Kami minta agar MUI Sumsel ini terus meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arti penting toleransi. Mungkin bisa dilakukan melalui berbagai kesempatan seperti pengajian, seminar maupun sosialisasi langsung,” ujarnya.

Bahkan, Wagub berharap, persoalan toleransi antar umat beragama dapat dibawa KUII VIII Tahun 2020 di Bangka Belitung tersebut untuk dapat dijadikan bahan pembahasan.

“Toleransi ini harus terus dijaga. Mungkin bahasan soal toleransi ini dapat dibawa ke KUII di Bangka nanti sehingga persatuan baik sesama muslim maupun agama lain tetap sebagaimana mestinya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua MUI Sumsel Prof Dr Aflatun Muchtar mengatakan, pihaknya tentu akan membantu pemerintah dalam menjaga kerukunan khususnya di Sumsel.

“Peran kami memang untuk melayani umat dan masyarakat. Tentu kami akan mendukung serta membantu pemerintah dalam menjaga toleransi antar masyarakat di Sumsel ini sehingga kerukunan di Sumsel tetap terjaga,” tuturnya.

Dia mengatakan, jika pihaknya juga akan mendukung seluruh program yang saat ini sudah dicanangkan Pemprov Sumsel.

“Semua program tentu kami dukung asalkan untuk menyejahterakan masyarakat. Termasuk program rumah tahfidz yang menurut kami sangat luar biasa,” tambah dia.