ACT ajak warga ikut wakaf air minum untuk masjid

id ACT Sulsel, Wakaf air minum

ACT ajak warga ikut wakaf air minum untuk masjid

Air minum wakaf oleh ACT yang telah didistribusikan di beberapa masjid di Kota Makassar setiap Jumat (21/02/2020). ANTARA/HO-Humas ACT Sulsel

Makassar (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga kemanusiaan yang hadir di Sulawesi Selatan turut mengajak warga setempat untuk berperan dalam Program Gerakan Air Minum Wakaf yang disalurkan melalui masjid.

Kepala Cabang Global Wakaf - ACT Sulsel, Faizal Agunisman di Makassar, Jumat mengemukakan gerakan ini juga sebagai syiar kepada ummat bahwa wakaf tidak hanya terbatas kepada bangunan atau barang saja, tetapi air juga bisa.

Apalagi, kata dia, jika bergerak bersama-sama untuk viralkan gerakan ini sehingga cakupan distribusinya bisa lebih luas.

"Kita mengajak kepada warga Sulsel khususnya Kota Makassar untuk mengambil peran dalam program air minum wakaf ini," ajaknya.



Sejauh ini, lanjut Faizal, antusiasme donatur untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan air minum wakaf tersebut dianggap sangat tinggi.

Alhasil, sudah ada lima titik yang menjadi tempat implementasi dari program Air Minum Wakaf di antaranya Masjid Jami' Al Azhar, Kantor Imigrasi Alauddin, Masjid Cheng Hoo Hertasning, Masjid Jenderal Sudirman dan Masjid Nurul Qalbi Hertasning.

"Alhamdulillah, sejak diluncurkannya program ini pada Januari lalu, antusiasme masyarakat untuk ikut berpartisipasi sangat tinggi, ada yang berdonasi 100 ribu, 500 ribu hingga 10 juta rupiah per orang," jelasnya.

Program dari Global Wakaf - ACT Sulsel itu hadir dengan tagline "Air Minum dari umat untuk umat".



Disiapkan secara gratis di tengah masyarakat, kata Faizal, bukan berarti kualitas airnya tidak terjamin.

"Sekalipun air minum wakaf ini gratis, akan tetapi kualitasnya tetap terjaga," katanya.

Ia berkisah seorang pengusaha depot air minum di Makassar telah menghubungi tim Global Wakaf - ACT Sulsel dan mengizinkan depotnya dijadikan sebagai tempat isi ulang gratis untuk air minum wakaf.

Ia mengungkap, tepat sepekan setelah program wakaf ini diluncurkan, ACT Sulsel mendapat konfirmasi melalui sambungan telepon dari seorang ibu yang memiliki depot air minum di Makassar mengizinkan ACT mengisi ulang gratis air wakaf di sana.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam program ini, bisa menyalurkannya melalui rekening Yayasan Global Wakaf di BNI Syariah 66 0000 837 dan konfirmasi transfer melalui whatsapp ke 0822 1000 9756.