Presiden Jokowi puji kerja Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

id Presiden Jokowi, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari

Presiden Jokowi puji kerja Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Presiden RI Joko Widodo didampingi Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kanan) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri), di Jakarta Kamis. (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo memuji kerja Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam menyelesaikan persoalan terkait investasi.

Pujian disampaikan Kepala Negara saat memberikan arahan di acara Rakornas Investasi Tahun 2020, di Jakarta, Kamis.

"Saya senang kepada Pak Bahlil, kalau menyampaikan gamblang, jelas, arahnya ke mana juga kelihatan," ujar Presiden.

Kepala Negara mengaku mengetahui Kepala BKPM Bahlil Lahafalia kerap mencatut namanya jika berkunjung ke daerah. Namun dia memastikan pencatutan nama itu dilakukan untuk kepentingan menyelesaikan persoalan-persoalan terkait investasi di daerah.

"Meskipun sering pakai nama Presiden kalau ke daerah. Tapi itu untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Saya bilang 'nggak' apa gunakan nama saya, tapi untuk sebuah kebaikan proses, 'nggak' apa," ujar Presiden.

Presiden menekankan kerja yang dilakukan Kepala BKPM perlu diapresiasi sebab kata Presiden, pada tahun sebelumnya terdapat investasi senilai Rp708 triliun yang sudah masuk ke Indonesia namun akhirnya terhenti.

"Di tahun lalu saya minta angka, berapa sih sebetulnya investasi yang akan masuk ke Indonesia, yang sudah buka pintu, sudah masuk, ada 708 T, tapi berhenti," ujar Presiden.

Dia mengatakan dalam kondisi tersebut sebetulnya Indonesia tidak perlu lagi melakukan promosi investasi ke mancanegara. Cukup fokus menyelesaikan investasi Rp708 triliun agar berlanjut.

Dia menyontohkan ada perusahaan asal Korea yakni Lotte, berinvestasi di Banten selama empat tahun, kemudian "mentok" dan berhenti karena terhambat masalah pembebasan lahan. Presiden mengatakan kendala-kendala yang dialami perusahaan itu tidak memperoleh bantuan dari otoritas setempat.

Padahal, kata Presiden, investasi perusahaan itu bisa membuka lapangan kerja sangat besar.

"Untung saya memiliki menteri muda di BKPM (Bahlil Lahadalia). Beliau minta diberikan waktu sebulan, untuk menyelesaikan Lotte, ternyata tidak ada dua minggu sudah 'rampung', saya 'nggak' ngerti dibisiki apa di bawah," ujar Presiden disambut tawa peserta Rakornas Investasi 2020.

Presiden juga mencermati Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mampu menyelesaikan sejumlah persoalan terkait investasi di wilayah lain.

"Kerja seperti ini yang kita butuhkan untuk menyelesaikan persoalan dan masalah-masalah secara konkret," ujar Presiden.