Wagub : Pramuka sebagai wadah pembinaan pemuda lebih kreatif

id Wagub, pramuka,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Wagub : Pramuka sebagai wadah pembinaan pemuda lebih kreatif

Wagub Mawardi Yahya (Dok Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengatakan, Pramuka sebagai wadah dalam membina generasi muda agar lebih kreatif.

"Melalui kegiatan kepramukaan generasi penerus dibina kedisiplinan dan kreativitas," kata Wagub usai membuka perkemahan Gebyar Lomba Aksi Penggalang Penegak se - Sumsel di Ogan Ilir, Kamis.

Generasi muda yang tergabung dalam organisasi kepramukaan diharapkan dapat memiliki semangat kebangsaan melalui peningkatan keterampilan dengan mengedepankan kecerdasan spritual, emosional, sosial dan wawasan kebangsaan.

"Melalui kegiatan kepramukaan, selain untuk melatih keterampilan juga sebagai ajang dalam menimba ilmu dengan interaksi dalam rangka meningkatkan kreativitas anak sehingga mampu bersaing menghadapi kondisi yang kian kompetitif," kata Wagub

Apalagi, kata dia, di era kemajuan teknologi sekarang ini, generasi penerus bila tidak dibina dengan kegiatan positif mereka bisa terpengaruh oleh budaya yang tidak sesuai dengan kearifan lokal.

Sehubungan itu, menurut wagub, karakter generasi muda di tengah pesatnya kemajuan teknologi digital harus senantiasa diasah dengan tetap mengikuti perubahan zaman karena kian besarnya tantangan yang dihadapi.

"Anak muda harus siap bersaing dengan terus melakukan langkah inovasi sehingga tidak ketinggalan zaman,” katanya.

Terkait Sumsel menjadi tuan rumah Sakabayangkara pada Tahun 2021, Mawardi Yahya mengaharapkan Pramuka di daerah itu harus menyiapkan diri menghadapi ajang tersebut.

"Karena kita dipercaya sebagai tuan rumah kita harus siap menyukseskan kegiatan tersebut. Bukan saja sukses menjadi tuan rumah melainkan juga sukses dalam berbagai agenda yang akan dilaksanakan selama kegiatan itu digelar," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Indralaya Selatan, H. Heru Supeno mengatakan, peserta perkemahan kali ini diikuti 1.622 orang yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa kemandiran dan gotong royong.

Kegiatan tersebut juga bertujuan sebagai ajang kreatfitas anggota Pramuka di Ogan Ilir, ujar dia.