Ferrari lakukan pendekatan berbeda di tes pramusim Barcelona

id tes pramusim barcelona,formula1,formula one,ferrari,charles leclerc

Ferrari lakukan pendekatan berbeda di tes pramusim Barcelona

Pebalap Ferrari Charles Leclerc menjalani sesi tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Rabu (19/2/2020) Reuters/Albert Gea

Jakarta (ANTARA) - Ferrari melakukan pendekatan yang berbeda dengan apa yang mereka lakukan tahun lalu di sesi tes pramusim yang digelar di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol.

Sang pebalap, Charles Leclerc pada hari pertama tes pramusim Barcelona tahun ini finis peringkat ke-11 sedangkan tahun lalu Ferrari langsung tancap gas sebagai yang tercepat ketika Sebastian Vettel memuncaki catatan waktu di sana.

"Kami sedikit mengganti pendekatan kami dari tahun lalu," kata Leclerc seperti dikutip Reuters, Rabu.

"Tes tahun lalu luar biasa tapi balapan pertama tak demikian."

"Aku rasa kami belajar beberapa hal dari sini, jadi tahun ini kami memutuskan untuk fokus dengan diri kami sendiri, mencoba mempelajari sebanyak mungkin mobil ini di beberapa hari pertama tes dan kemudian fokus kepada performa setelah itu dan melihat apakah itu berhasil."

SF90 pada awal musim 2019 dominan di sepanjang tes di Barcelona namun ketika tiba di seri perdana di Melbourne, Australia, kalah telak dari Mercedes yang finis 1-2 dan selalu juara di tujuh seri berikutnya. Demikian kerap muncul istilah sandbagging ketika tes pramusim berlangsung di mana tim dan pebalap sengaja tak memperlihatkan performa maksimal mobil mereka.

Mercedes mengakhiri musim lalu dengan gelar ganda untuk keenam kalinya secara beruntun, dan Lewis Hamilton tahun ini siap untuk memperbanyak rekornya.

Leclerc yang menjalani debut dengan Ferrari tahun itu juga langsung mendapat sorotan sebagai calon penantang Hamilton ketika meraih pole position di Bahrain meski masalah mesin jelang finis memaksanya gagal finis terdepan.

Pebalap muda berusia 22 tahun asal Monako itu mencetak skor lebih banyak dari rekan satu timnya, yang merupakan juara dunia empat kali, dan pada Desember mendapat perpanjangan kontrak hingga 2024 bersama Ferrari sementara masa depan Vettel di tim berlogo kuda jingkrak itu belum jelas.

Leclerc memenangi dua balapan, sedangkan Vettel hanya satu.

Ferrari menyatakan kedua pebalap kini menyandang status yang setara di tim dan Leclerc pun dibolehkan memberi memberi masukan bagaimana mobil tahun ini dibangun berdasarkan keinginannya.

"Kami lebih fleksibel dengan set-up mobil tahun ini, jadi ini selalu menjadi hal baik bagi kedua pebalap karena kami bisa mengadaptasikan gaya membalap kami ke mobil.

"Kami belum menekan mobil ini tapi kami tahu jika kami lebih fleksibel.

Di hari pertama tes pramusim kali ini Lewis Hamilton tampil sebagai yang tercepat dengan waktu satu menit 16,976 detik, sedangkan rekan satu timnya, Valtteri Bottas mempertegas kecepatan mobil Mercedes W11 hari itu di peringkat kedua dengan waktu satu menit 17,313 detik.

Dengan padatnya kalender musim 2020 yang terdiri dari 22 seri balapan, meski Grand Prix China dibatalkan, Formula 1 mengurangi jadwal tes pramusim di Catalunya dari delapan hari menjadi enam hari yang akan dibagi ke dalam dua pekan sebelum seri perdana yang akan digelar di Melbourne, Australia pada 15 Maret nanti.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar