Gubernur Sumsel dukung aksi bersih Gunung Dempo

id Gubernur, gunung, dempo, bersih

Gubernur Sumsel dukung aksi bersih Gunung Dempo

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendukung sepenuhnya aksi bersih-bersih di areal Gunung Dempo Pagaralam untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Bersih - bersih kawasan wisata Gunung Dempo itu untuk menghilangkan kesan adanya teror harimau," kata gubernur di Palembang, Rabu.

Menyadari arti pentingnya kelestarian alam dan keseimbangan ekosistem terlebih sehubungan ancaman binatang buas di kota Pagaralam beberapa waktu lalu, gubernur mengajak warga untuk ikut serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan bersih-bersih Gunung Dempo.

"Iya saya dukung kegiatan bersih-bersih Gunung Dempo ini. Terlebih beberapa waktu lalu, ada ancaman binatang buas yang terjadi di sana. Melalui kegiatan ini bisa membantu tingkat kunjungan wisata ke kota Pagaralam, kata gubernur.

Selama ini, dijelaskan gubernur penyelesaian ancaman binatang buas memakan waktu berbulan-bulan sehingga berimbas pada turunnya jumlah kunjungan wisatawan ke kota Pagaralam, bahkan menimbulkan efek psikologis bagi masyarakat.

Pemprov Sumsel akan mengajak pemerintah Kota Pagaralam, pemerintah Kabupaten Lahat, dan Muara Enim untuk turut serta dalam kegiatan ini. Pagaralam bukan hanya milik masyarakat Pagaralam saja, tapi milik Sumsel. Kita akan libatkan Walhi Sumsel, pelajar, dan pramuka.

Dirinya yakin dengan kegiatan itu akan memunculkan rasa memiliki dari masyarakat, ujar gubernur.

Apalagi Gunung Dempo tidak saja merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat yang bergerak dalam sektor pertanian dan perkebunan saja.

Selain itu Gunung Dempo pun menjadi sumber nafkah bagi mereka yang benar-benar mengandalkan mata pencahariannya dari wisata, kata dia.

Gubernur usulkan juga kepada Pecinta Alam agar kegiatan bersih-bersih Gunung Dempo dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi kota Pagaralam pada bulan Juni mendatang.

Nanti bersamaan dengan itu akan dicanangkan Pagaralam sebagai kota yang 100 persen listriknya menggunakan energi terbarukan", kata Gubernur yang dilantik pada 1 Oktober 2018 itu.

Gubernur berharap kegiatan bersih-bersih Gunung Dempo dapat dilakukan secara berkelanjutan dan menimbulkan kesadaran yang lebih luas bagi masyarakat dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Sementara Wakil Ketua panitia kegiatan bersih-bersih Gunung Dempo, Robet H. Lembong menyampaikan apresiasi atas dukungan gubernur atas kegiatan tersebut.

Keinginan untuk melakukan bersih-bersih Gunung Dempo telah ada sejak beberapa waktu lalu. Adapun tema yang kita angkat pada kegiatan bersih-bersih gunung Dempo mendatang adalah Go Green Zero Waste, tambah dia.