Gubernur Sumsel dukung pembangunan transmisi 500 KV

id Gubernur, transmisi

Gubernur Sumsel dukung pembangunan transmisi 500 KV

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendukung sepenuhnya pembangunan transmisi 500 KV Muara Enim - New Aurduri Jambi oleh PT Waskita Karya.

Pemprov Sumsel mendukung sepenuhnya percepatan pembangunan transmisi ini, sebab diyakini semakin memantapkan Sumsel sebagai daerah andalan penyuplai listrik Sumatera, kata Gubernur Herman Deru di Palembang, Rabu.

"Pada prinsipnya kami sambut baik hal ini. Apalagi Sumsel memang sudah dicanangkan sebagai penyuplai listrik se Sumatera," katanya usai menerima pihak manajemen PT. Waskita Karya.

Namun, dia mengingatkan Waskita dapat menghindari konflik sekecil apapun saat pembebasan lahan dilakukan. Caranya dengan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat dengan benar. 

"Agar masyarakat tidak khawatir soal kesehatan, Waskita bisa membawa ahli kesehatan. Selebihnya silahkan jalan," jelas gubernur.

Sementara itu Senior Vice President EPC Division PT. Waskita Karya Purma Yose Rizal mengatakan, maksud kedatangan mereka kali ini selain untuk bersilaturahim juga menginformasikan kepada gubernur soal persiapan pembangunan transmisi 500 KV Sumatera, Muara Enim -New Aur Duri.

"Ya menyampaikan ke  gubernur bahwa kita akan mulai jalan pembangunan transmisi. Segmennya dari Muara Enim ke New Aur Duri Jambi dan juga masuk di empat  Kabupaten kota di Sumsel di antaranya Muara Enim, Prabumulih dan Penungkal Abab Lematang Ilir," jelas Purma.

Saat ini lanjut Purma proses pembangunan dalam tahapan penyesuaian tata ruang untuk kemudian penetapan lokasi. Sedangkan untuk Amdal diakuinya sudah berjalan di Kementerian.

Terkait pembebasan lahan tanpa konflik yang dipesankan Gubernur, Purma menjelaskan bahwa sejak awal, sekitar 633 tapak yang akan dibangun itu memang jauh dari pemukiman penduduk. 

Dari 633 tapak 78 persennya ada di Sumsel. Dan itu 400 tapaknya merupakan kawasan nonhutan juga bukan di pemukiman padat penduduk, ujar dia. 

Menurut dia, dengan adanya jaringan utama dari transmisi ini nanti akan dapat menyangga produksi listrik dari pembangkit listrik mulut tambang di Sumatera Selatan sebesar ribuan MW.

"Saat ini kita juga sudah mulai ke kabupaten dan kota untuk penyesuaian desain tata ruang," katanya.