Banjir melanda puluhan rumah warga di Baturaja

id Banjir melanda Kota Baturaja

Banjir melanda puluhan rumah warga di Baturaja

Puluhan rumah warga Kota Baturaja dilanda banjir. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Banjir melanda puluhan rumah warga Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akibat intensitas hujan tinggi yang terjadi di wilayah setempat pada Senin (17/1) siang hingga dini hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Selasa mengatakan bahwa hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang terjadi sejak siang kemarin sampai menjelang sore hingga dini hari menyebabkan beberapa titik kawasan permukiman penduduk di Kecamatan Baturaja Timur terendam air.

"Dalam bencana alam ini terdapat tiga lokasi yang terdampak banjir," katanya.

Dia menjelaskan, tiga lokasi tersebut meliputi kawasan Perumahan Talang Bungur, Kelurahan Sukajadi dengan ketinggian air mencapai 80 Cm dan Jalan Gotong Royong setinggi 50-60 Cm.

"Kemudian banjir juga melanda di kawasan Jalan Ulu Danau Kelurahan Sekar Jaya, Kecamatan Baturaja Timur dengan ketinggian air 50 Cm," jelasnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata dia, namun musibah banjir ini sedikitnya merendam sekitar 90 unit rumah warga di wilayah itu.

"Berdasarkan pantauan petugas kami, banjir berangsur surut pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.00 WIB seiring dengan redanya hujan," kata dia.

Sementara itu, menurut Suryadi, warga Bungur, Kelurahan Sukajadi  musibah banjir ini diduga disebabkan karena saluran air yang ada di sekitar permukiman penduduk setempat tidak berfungsi dengan baik.

"Hampir setiap tahun kawasan kami ini dilanda banjir yang diduga disebabkan karena saluran air tidak berfungsi dengan baik," ujarnya.*
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar