Hamilton dan Lionel Messi raih anugerah olahragawan terbaik dunia

id Lewis Hamilton,Lionel Messi,anugerah laureus,olahragawan terbaik dunia

Hamilton dan Lionel Messi raih anugerah olahragawan terbaik dunia

Lewis Hamilton berpose pada karpet merah seremoni Laureus World Sports Awards 2020 di Berlin pada 17 Februari 2020. (AFP/TOBIAS SCHWARZ)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia Formula Satu Lewis Hamilton dan penyerang Barcelona Lionel Messi dinyatakan sebagai pemenang bersama anugerah Laureus World Sportsman of the Year di Berlin, Senin, berdasarkan pemungutan suara yang untuk pertama kalinya dilakukan sepanjang 20 tahun sejarah penghargaan itu.

Pebalap Mercedes Hamilton memenangkan kejuaraan dunia keenam pada 2019, dengan 11 kemenangan balapan dan 17 podium, sementara Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia untuk rekor keenam kalinya ketika ia memenangkan Ballon d'Or.

Pesenam Amerika, Simone Biles, yang menjadi pesenam paling fenomenal dalam sejarah kejuaraan dunia ketika tahun lalu dia memenangkan medali ke-25, menjadi atlet putri yang meraih anugerah olahragawan putri terbaik untuk ketiga kalinya setelah memenangkan penghargaan yang sama pada 2017 dan 2019.

Tim rugby Afrika Selatan, yang memenangkan Piala Dunia di Jepang tahun lalu untuk ketiga kalinya dalam sejarah, dinobatkan sebagai tim terbaik tahun Ini, mengalahkan juara sepak bola Eropa Liverpool, dan pemenang Piala Dunia sepak bola putri, Amerika Serikat.

Bintang NBA asal Jerman Dirk Nowitzki, yang pensiun tahun lalu setelah 21 tahun berkarir di NBA bersama Dallas Mavericks, mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award atas kontribusinya pada bola basket.

Sementara itu, Federasi Bola Basket Spanyol diakui dengan Penghargaan Prestasi Luar Biasa Laureus Academy setelah memenangi Piala Dunia bola basket putra tahun lalu sementara untuk tim putri telah memenangkan tiga dari empat gelar EuroBasket terakhir.

Pebalap Formula Tiga asal Jerman Sophia Floersch, yang patah tulang belakangnya dalam satu tabrakan di Grand Prix Makau pada November 2018 sehingga membutuhkan operasi 11 jam untuk memperbaikinya, meraih penghargaan Comeback of the Year setelah kembali ke kokpit pada tahun lalu.

Mantan batsman India Sachin Tendulkar, pencetak gol terbanyak sepanjang masa di kriket internasional, mendapat dukungan dari negara penggila kriket untuk memenangkan suara penggemar atas penghargaan momen olahraga terbaik dalam dua dekade terakhir.

Berikut daftar lengkap para pemenang dilansir dari Reuters:

Penghargaan olahragawan putra terbaik: Lewis Hamilton dan Lionel Messi

Penghargaan olahragawan putri terbaik: Simone Biles

Penghargaan tim terbaik: Tim rugby putra Afrika Selatan

Penghargaan terobosan olahragawan: Egan Bernal

Penghargaan kebangkitan olahragawan terbaik: Sophia Floersch

Penghargaan olahragawan disabilitas terbaik: Oksana Masters

Penghargaan aksi olahragawan terbaik: Chloe Kim

Penghargaan momen terbaik: "Carried on the shoulders of a nation" Sachin Tendulkar

Penghargaan prestasi sepanjang masa: Dirk Nowitzki

Penghargaan prestasi luar biasa Laureus Academy: Federasi Bola Basket Spanyol

Penghargaan Laureus Sport for Good: South Bronx United